Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Objek Wisata di Klaten Tetap Buka Saat Nataru, Namun Aturan Lengkapnya Masih Menunggu

Seluruh objek wisata mulai dari wisata alam, air hingga religi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tetap dibuka saat libur natal 2021 dan tahun baru 2022

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Penampakan objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seluruh objek wisata mulai dari wisata alam, air hingga religi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tetap dibuka saat libur natal 2021 dan tahun baru 2022.

Namun, pembukaan objek wisata itu akan dibarengi dengan pembatasan-pembatasan guna mencegah munculnya klaster Covid-19 di tempat wisata.

"Tadi kita sudah zoom meeting dengan Mendagri terkait Natal dan tahun baru. Senin akan dikeluarkan Inmendagri terbaru, yang jelas tadi wisata tetap buka," ujar Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Ronny Roekmito saat dikonfirmasi awak media, Rabu (8/12/2021).

Menurut Ronny, secara umum semua objek wisata memang tetap dibuka namun untuk pembatasan serta aturan-aturan turunannya bakal menunggu Inmendagri terbaru.

Baca juga: Desa Pasung Klaten Siap Bikin Kolam Baru dan Pulau Buatan

"Kesepakatan tadi tidak ada narasi PPKM Level 3, kemudian juga tidak ada penyekatan. Kalau aturan resminya kita tunggu saja Senin depan," ulasnya.

Meski objek wisata tetap dibuka, namun untuk pesta kembang api pada tahun baru tidak diperbolehkan sama sekali.

"Kalau ada yang nekat akan dibubarkan Satgas. Pesta kembang api itu memang tidak boleh, tadi instruksi Mendagri," paparnya.

Sementara itu, Camat Polanharjo, Joko Handoyo mengatakan jika objek wisata di daerahnya teyap akan dibuka saat nataru.

"Intinya kita tetap buka dan ikuti aturan. PPKM level 3 ditiadakan nanti kita akan lakukan pembatasan-pembatasan di objek wisata," ujarnya.

Baca juga: Bupati Klaten Sri Mulyani Perintahkan Kendaraan Dinas Parkir di Kantor Pemkab saat Nataru

Menurutnya, untuk memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 terlaksana di objek wisata, pihaknya bakal mengumpulkan pengelola objek wisata air dan alam yang ada di daerah itu.

"Himbauan bagi pengelola nanti kita undang para pengelolanya dan kita akan koordinasi juga dengan mereka terkait prokes, Intinya wisata direncanakan tetap buka tapi ada pembatasan," urai dia.

Ia pun menambahkan, pada masa libur nataru tahun ini untuk penyekatan juga tidak akan dilakukan.

Hal itu karena pihaknya mempedomani intruksi dari atas.

"Informasinya juga tidak ada, kalau penyekatan juga nggak ada, tadi juga sudah disampaikan ibu bupati," ucap dia. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved