Breaking News:

Erupsi Gunung Semeru

Korban Meninggal Dunia Bencana Gunung Semeru Jadi 34 Orang

Satu per satu korban tewas akibat erupsi Gunung Semeru terus ditemukan. Per kemarin jumlah korban tewas menjadi 34 orang.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, LUMAJANG - Satu per satu korban tewas akibat erupsi Gunung Semeru terus ditemukan. Per kemarin jumlah korban tewas menjadi 34 orang. Sedangkan warga yang mengalami luka-luka adalah 56 orang, dan masih ada 17 orang yang belum ditemukan.

“Sedangkan jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa. Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang dan luka, posko masih melakukan pemutakhiran data dan validasi," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021).

Sebagian besar para korban diduga para penambang pasir. Selasa (7/12/2021) pagi sekitar pukul 07.45 WIB, 6 orang ditemukan di lokasi pertambangan pasir, Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

"Korban mungkin rata-rata adalah pekerja tambang," kata salah seorang tim penyelamat.

Korban yang berhasil dievakuasi langsung dilarikan ke RSUD dr Haryoto. Semua jenazah dilakukan penanganan antemortem untuk mengetahui identitas korban. Kapus Dokkes Polri, Brigjen Pol Rusdianto mengatakan, dari 30 korban meninggal ini, 20 jenazah sudah diperiksa.

"13 jenazah sudah teridentifikasi, tapi 7 belum," katanya.

Sedangkan, untuk 10 jenazah lain masih dalam proses pemeriksaan, Kappus Dokkes berharap, masyarakat yang merasa kehilangan keluarganya untuk segera mendatangi posko ante dan postmortem di RSUD dr Haryoto. "Tujuannya biar bisa membantu petugas agar proses identifikasi bisa segera selesai," pungkasnya.

Presiden datang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi lokasi bencana erupsi Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). Presiden tiba menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU setelah menempuh penerbangan selama 30 menit dari Bandar Udara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

Presiden dan rombongan terbatas tiba di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Kabupaten Lumajang sekitar pukul 11.20 WIB. Begitu tiba, Presiden disambut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta.

Sebelum Presiden Jokowi tiba di lokasi ada kejadian menarik. Suara petir menggelegar mengagetkan para Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved