Breaking News:

Ribuan Rumah Terdampak Erupsi Semeru akan Direlokasi, Presiden Jokowi : Segera Kita Bangun

Presiden Jokowi memutuskan untuk merelokasi sekitar 2000 rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru ke tempat yang lebih aman

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi memutuskan untuk merelokasi sekitar 2000 rumah warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru ke tempat yang lebih aman.

Setelah diputuskan lokasinya, pemerintah akan segera melakukan pembangunan rumah sehingga warga bisa secepatnya menempatinya.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi setelah mendapatkan laporan dari jajarannya mengenai dampak dari erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021).

Presiden Jokowi beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk melihat secara langsung dampak erupsi Gunung Semeru.

"Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semuanya sudah siap," ujar Jokowi dalam keterangan pers usai mengunjungi lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/12/2021).

Dia menuturkan, relokasi dilakukan karena rumah-rumah warga itu diperkirakan berada dalam zona bahaya erupsi jika dihuni kembali.

Selain relokasi rumah, pemerintah pun segera memperbaiki infrakstruktur yang terdampak apabila erupsi Gunung Semeru telah mereda.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meninjau lokasi pengungsian.

Dirinya ingin memastikan bahwa pengungsi juga telah tertangani dengan baik. Baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan dan air bersih.

Baca juga: Kisah Ibu Hamil Sembilan Bulan Tembus Hujan Abu Vulkanik Semeru

Baca juga: Dokter Bedah Plastik Dikirim ke Lereng Semeru, Banyak Warga Alami Luka Bakar

Kepala negara pun menyampaikan dukacita kepada untuk korban terdampak erupsi yang meninggal dunia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved