Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Bantu Korban Semeru, Bupati Klaten Sri Mulyani Galang Donasi dari ASN dan Masyarakat

Bupati Klaten Sri Mulyani menginisiasi penggalangan dana dari ASN dan masyarakat bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani saat Tribunjogja.com temui di Pasar Srago, Klaten, Minggu (6/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani menginisiasi penggalangan dana dari aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat di daerah itu bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian dari ASN dan warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terhadap warga yang terkena musibah erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Tadi saya sampaikan kepada seluruh ASN saat rakor rutin, untuk melalukan pengumpulan dana atau donasi bagi korban Semeru," ujar Mulyani saat Tribunjogja.com temui di Pasar Srago, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Kabar Gembira, PNS di Pemkab Klaten Bakal Diguyur Tamsil Senilai Rp 139 Miliar

Menurut Mulyani, penggalangan bantuan itu dilakukan selama satu pekan ini dan akan dikumpulkan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Klaten.

"Dalam satu minggu ini kita kumpulkan, nanti dapatnya berapa akan kita kirimkan ke Lumajang. Ini bukan hanya untuk ASN tapi juga masyarakat kalau mau menyumbang silahkan ke bagian Kesra," jelasnya.

Disinggung apakah sudah ada relawan yang dikirim untuk membantu penanggulangan erupsi Gunung Semeru, Sri Mulyani mengatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk ke pihaknya.

"Sampai saat ini belum ada laporan yang masuk ke saya kalau ada relawan yang berangkat ke Lumajang," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi menambahkan jika penggalangan bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur baru dimulai hari ini.

"Kita mengimbau ASN untuk memberikan kepedulian karena baru kita umumkan hari ini maka kita harapkan seminggu ini bisa terkumpul," ucapnya.

Baca juga: Ribuan Guru Honorer dan Pegawai Tidak Tetap di Klaten Dapat Bantuan Rp 15,39 Miliar

Menurut Jaka, untuk teknis pengumpulannya akan dikumpulkan pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan nanti masing-masing OPD mengumpulkan ke Bagian Kesra Setda Klaten.

"Wujud bantuan bisa berupa uang dan barang. Nanti kita akan koordinasi dengan kebutuhan di sana apa. Kalau untuk relawan dan sebagainya kita serahkan kepada BPBD karena kita punya relawan dapur umum dan relawan lainnya tapi nanti kita akan koordinasi," tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Rujedi Endro Suseno mengatakan jika untuk saat ini belum ada relawan dari BPBD Klaten yang berangkat untuk membantu penanggulangan evakuasi Gunung Semeru.

"Sampai saat ini relawan kita belum ada yang berangkat. Tapi saya dapat informasi barusan PMI Klaten informasinya mengirim bantuan logistik ke Lumajang," ucapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved