Breaking News:

ADVERTORIAL

SiCantik Jadi Primadona Mengurus Perizinan di Kota Magelang

Aplikasi SiCantik merupakan inovasi di bidang teknologi informasi dengan tujuan menyederhanakan proses pelayanan perizinan, sehingga lebih cepat.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Seorang pemohon saat menggunakan aplikasi Sicantik, Jumat (03/12/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang menilai penggunaan aplikasi SiCantik, telah menjadi primadona baru untuk mengurus perizinan non berusaha di wilayahnya. 

Aplikasi cerdas layanan perizinan terpadu untuk publik (SiCantik) merupakan inovasi di bidang teknologi informasi yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) dengan tujuan menyederhanakan proses pelayanan perizinan, sehingga lebih cepat dan mudah. 

"Sejak dipergunakannya aplikasi ini (SiCantik - red) pada Maret 2020 lalu, antusias masyarakat untuk mengurus izin semakin tinggi. Terbukti berkas-berkas perizinan yang masuk lewat aplikasi SiCantik cukup banyak. Terutama, pengajuan permohonan izin tenaga kesehatan," ujar Kepala DPMPTSP Kota Magelang,  Muchamad Abdul Azis, saat ditemui di kantornya pada Jumat (03/12/2021). 

Baca juga: Pemkot Magelang Tekan Angka Stunting Lewat Kampung KB

Adapun, berdasarkan pendataan secara nasional pengguna aplikasi SiCantik sejak diluncurkan hingga sekarang mencapai angka 167.000 pemohon, dengan jumlah pemohon di tingkat kota secara nasional sebanyak 1359 pemohon. 

Ia menambahkan, tingginya animo masyarakat menggunakan aplikasi SiCantik tidak lepas dari efektifitas dan efisiensi aplikasi saat digunakan.

Proses pengurusan perizinan dibuat secara daring sehingga bisa  dilakukan di manapun dan kapanpun. 

"Aplikasi ini kan berbasis IT elektronik, sehingga bisa diakses lewat smartphone. Jadi, pemohon tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus berkas-berkas, semua bisa dilakukan lewat smartphone saja. Dan tentunya mudah digunakan, karena informasi terkait prosedur dan persyaratan perizinan sudah ada menu-menunya sendiri," ucapnya. 

Di samping itu, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan dinas teknis sehingga semua proses izin dapat selesai di satu aplikasi ini.

Baca juga: Tahun 2022 mendatang, Pemkot Magelang Canangkan Kampung Religi di 17 Kelurahan

Pengguna baru pun tidak perlu khawatir kesulitan ketika pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, karena di dalam aplikasi SiCantik juga sudah disediakan video tutorial cara menggunakan layanan. 

"Untuk memberikan kemudahan terutama pengguna baru dibuatlah video tutorial yang bisa menjadi panduan. Jadi, masyarakat bisa belajar sendiri untuk memahami cara memakainya," terangnya. 

Ia pun berharap, hadirnya inovasi ini bisa menjadi solusi dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kota Magelang. Selain bisa mengurangi hambatan pelayanan perizinan yang selama ini menjadi permasalahan. 

"Harapannya, bisa meningkatkan pelayanan. Sehingga masyarakat pun merasa nyaman ketika ingin mengurus perizinan,"urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved