Breaking News:

Polres Magelang Tangkap Pelaku Kasus Pencurian 16 Buah Tabung Gas Oksigen di RSUD Muntilan

Satuan petugas Polres Magelang berhasil mengungkap kasus pencurian tabung gas oksigen, yang dilakukan oleh tersangka berinisial

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Polres Magelang saat menunjukkan barang bukti, di halaman depan Mako Polres Magelang, Rabu (01/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Satuan petugas Polres Magelang berhasil mengungkap kasus pencurian tabung gas oksigen, yang dilakukan oleh tersangka berinisial, MS (50), di RSUD Muntilan, pada Minggu (14/11/2021) pukul 23.30 WIB.

Diketahui, tersangka merupakan seorang warga Tugu, Kota Semarang yang bekerja sebagai seorang supir di salah satu perusahaan penyedia oksigen di wilayah Semarang.

 "Jadi, perusahaan penyedia oksigen di mana pelaku bekerja sebagai seorang supir ini bekerja sama dengan RSUD Muntilan. Adapun, kronologinya pada Minggu (14/11/2021), pukul 23.30 WIB tersangka datang ke RSUD Muntilan menggunakan mobil pick up warna putih " ujar Kapolres Magelang,  Mochammad Sajarod Zakun, saat konferensi pers, di halaman depan Mako Polres Magelang, Rabu (01/12/2021).

Baca juga: Inilah Daftar 30 Pemain Resmi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Ia menambahkan, sebelumnya tersangka ini, sudah berulang kali mengantar dan menjemput tabung oksigen di RSUD Muntilan.

Dengan mengetahui, kondisi sekitar maka timbullah niat tersangka untuk melancarkan aksinya.

"Sebanyak 16 buah tabung gas oksigen yang dicuri. Untuk dijual kembali dengan harga Rp11.200.000 atau Rp700 ribu per buahnya ke salah satu toko penyedia alat kesehatan di Semarang. Untuk mengelabui pembelinya, tersangka mengaku mendapatkan tabung oksigen berasal dari pabrik oksigen yang bangkrut di daerah Yogyakarta," tuturnya.

Sementara itu, kronologi pengungkapan kasus bermula saat pihak RSUD Muntilan mengaku kehilangan tabung gas. Kemudian, melaporkan ke Polsek Muntilan untuk ditindak  lanjuti.

Setelah, dikumpulkan saksi-saksi dan olah TKP semua bukti mengarah kepada tersangka.

"Tenyata, satu hari sebelum kejadian. Tersangka mengantarkan beberapa tabung gas ke RSUD Muntilan. Dari situ ,didalami dan benar bahwa tersangkalah pelakunya,"tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Muntilan, Iptu Ryan Eka Cahya menuturkan, modus operandi yang dilakukan tersangka agar bisa masuk ke RSUD Muntilan dengan mengaku kepada penjaga bahwa dirinya ditugaskan oleh perusahaannya untuk mengecek tekanan gas.

Kemudian, karena tersangka memang sudah terbiasa mengantar tabung oksigen. Para petugas pun tidak menaruh curiga.

"Pelaku melakukan aksinya seorang diri. Jadi ,tersangka ini mengaku ditugaskan dari perusahaannya untuk mengecek tabung gas oksigen. Karena, sudah lumrah petugas pun memperbolehkan," ujarnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Warung Sate Kuda di Jogja

Tersangka pun, berhasil diamankan pada Rabu, (17/11/2021) dini hari, bersamaan dengan barang bukti yakni, 16 buah tabung oksigen warna putih hasil curian, Uang Rp 9 juta hasil penjualan tabung, 1 buah mobil Suzuki APV Pick-up warna hitam, serta jaket milik tersangka.

Atas tindakan kejahatannya tersebut, pelaku terkena pasal pencurian dengan pemberatan - Pasal 363 KUHP (ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun). (ndg/*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved