Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Bupati Magelang Minta Masyarakat Mewaspadai Penyebaran Virus Baru 'Omicron'

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya penyebaran varian baru virus Covid-19 yaitu 'Omicron'.

telegraph
Varian Omicron 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang Zaenal Arifin mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya penyebaran varian baru virus Covid-19 yaitu 'Omicron' menjelang masa libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022.

"Sebenarnya kemarin kami akan mengadakan rapat koordinasi untuk persiapan akhir tahun. Apalagi ini ada varian baru 'Omicron', virus baru ini tentunya harus kita waspadai dan antisipasi," katanya, Rabu (01/12/2021).

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya masih menunggu adanya Rapat Koordinasi dari pemerintah pusat terkait himbauan kepada pemerintah daerah akan seperti apa, mengingat wilayah Kabupaten Magelang memiliki Destinasi Pariwisata Super Prioritas (Borobudur).

"Tentunya kita akan sangat ekstra hati-hati dan ekstra sangat ketat agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang dengan varian yang baru. Maka kita tunggu, karena semuanya berjalan secara dinamis," ungkapnya.

Baca juga: Peringati HUT Ke-50 KORPRI, Bupati Magelang Serahkan Sejumlah Bantuan Sosial dan Beasiswa

Selain itu, tambah Zaenal sesuai Instruksi Mendagri, Pemerintah Kabupaten Magelang akan melakukan pemantauan di titik-titik crowded.

"Kalau  dizinkan, seperti Borobudur dengar-dengar masih boleh membuka wisata itu, namun dengan catatan tertentu. Maka akan kita tunggu dua tiga hari kedepan instruksi pusat seperti apa, maka itu yang akan kita gunakan untuk bahan rapat koordinasi," jelasnya.

Terpisah, Plt Dinkes Kabupaten Magelang, Sunaryo menuturkan, pihaknya sudah melakukan antisipasi apabila terjadinya virus varian baru bahkan sebelum varian Omicron ditemukan.

"Kami sudah melakukan antisipasi melalui Tes Whole Genome Squencing, survei untuk mengetahui varian virus yang ada disekitar masyarakat. Paling tidak mengetahui, ini virus varian yang ke berapa, karena virus varian Delta saja sudah banyak. Harapannya tidak ada temuan kasus seperti itu di'sini," ujarnya.

Sementara itu, ia mengatakan, saat ini kondisi CT Value di Kabupaten Magelang sudah di angka 30.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved