Breaking News:

FPTI Kota Yogyakarta Mulai Proses Pembangunan Papan Panjat Tebing Baru di Kawasan Tegalrejo

Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yogyakarta resmi memulai proses pembangunan venue panjat di Ruang Terbuka Hijau Publik

dok FPTI Kota Yogyakarta
Ketum FPTI Kota Yogyakarta, Ipung Purwandari melakukan pemasangan patok pertama pembangunan papan panjat tebing di kawasan Tegalrejo, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengurus Kota (Pengkot) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yogyakarta resmi memulai proses pembangunan venue panjat di Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) kawasan Tegalrejo, tepatnya sekitar Gor Segor Amarto.

Ketua Umum (Ketum) Pengkot FPTI Yogyakarta, Ipung Purwandari kepada wartawan Senin (29/11/2021) mengatakan, pembangunan ini sudah mulai dilakukan dengan simbolis pemasangan patok pertama sekaligus tumpengan.

“Pembangunannya sudah dimulai, tapi sekarang kami lakukan seremonial sekaligus mohon doa restu agar pembangunannya lancar, ya istilahnya kulo nuwun dulu, biar nanti untuk kemajuan panjat tebing di Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Fakultas Teknik UGM Rancang Ubin Penghasil Listrik

Sebelumnya, pembangunan papan panjat milik FPTI Kota Yogyakarta ini adalah bentuk upaya memindah venue panjat yang sebelumnya terletak di SMAN 3 Yogyakarta.

Hal ini bertujuan agar memberi kemudahan bagi atlet panjat tebing Kota Yogyakarta untuk mengakses tempat latihan.

Apalagi dengan keberadaan papan panjat milik FPTI Yogya yang berada di fasilitas milik Pemkot Yogyakarta ini diharapkan dapat permanen lokasinya.

Menurut Ipung, pemilihan tempat RTHP Tegalrejo untuk venue panjat tebing dinilai pas karena berada di lahan dan fasilitas publik milik Pemkot Yogyakarta.

Selain itu di sekitar sana terdapat fasilitas olahraga lainnya, seperti GOR Segoro Amarto. 

“Kemarin papan panjat kami ada di SMAN 3 Yogya, dan karena sudah tidak diperkenankan lagi, ya kami harus pindah dan kami pilih di Tegalrejo ini,” jelasnya.

Dengan lokasi baru dan papan panjat tebing yang diperkirakan bakal rampung dua bulan itu, Ipung berharap atlet panjat tebing Kota Yogyakarta dapat berlatih maksimal untuk menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY tahun 2022 mendatang.

“Kami harapkan pembangunan fasilitas ini bisa secepatnya selesai, semoga sekitar kurangd ari 2 bulan rampung. Dan kami akan manfaatkan secara maksimal untuk persiapan menuju Porda DIY tahun depan. Dengan persiapan maksimal di venue yang baru dan berstandar nasional, maka kami bertekad untuk bisa meraih medali emas terbanyak di Porda mendatang,” tutup Ipung.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Rabu 1 Desember 2021, Hujan Deras Berpotensi Guyur 28 Wilayah Esok Hari

Pada waktu yang sama Mantri Pamong Praja Tegalrejo, Agus Antariksa menyambut baik pembangunan papan panjat milik Pengkot FPTI Yogya di wilayahnya. Dengan adanya pembangunan tersebut, diharapkan kedepan nilai guna RTHP Tegalrejo semakin meninggat. 

“Kami berharap keberadaannya bisa berdampak positif bagi warga sekitar, khususnya untuk pembinaan olahraga di Tegalrejo,” ucapnya. (tsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved