Breaking News:

Alasan Indonesia Pilih Obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir

Obat Covid-19 yang dipilih pemerintahan Jokowi adalah Remdesivir dan Favipiravi Remdesivir adalah obat pertama

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
BEN STANSALL / AFP
Sampel vaksin oral untuk penyakit COVID-19 di Inggris 

Tribunjogja.com == Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memiliki paten dua obat Covid-19. Obat Covid-19 yang dipilih Jokowi adalah Remdesivir dan Favipiravir.

Bagaimana keampuhan obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir?

Pemilihan obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 100 dan 101 Tahun 2021. Perpres Nomor 100 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Paten Oleh Pemerintah Terhadap Obat Remdesivir. Perpres Nomor 101 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Paten Oleh Pemerintah Terhadap Obat Favipiravir.

Jokowi menandatangani kedua Perpres obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir tersebut pada 10 November 2021. Perpres obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir ini berlaku selama 3 tahun.

Dengan perpres itu, pemerintah akan menunjuk industri farmasi sebagai pelaksana obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir untuk pemenuhan dalam negeri.

Lalu apakah obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir itu? Apakah obat Covid-19 Remdesivir dan Favipiravir terbukti manjur?

Remdesivir

Dilansir dari Kompas.com, Remdesivir adalah obat pertama yang mendapat izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk digunakan pada pasien Covid-19. Pembuat obat Covid-19 Remdesivir adalah perusahaan Gilead Sciences.

obat Covid-19 Remdesivirdapat menghambat replikasi virus baru dengan memasukkannya ke dalam gen virus baru. Awalnya, obat Covid-19 Remdesivir ini digunakan sebagai antivirus untuk penyakit ebola dan hepatitis C.

Penelitian terbaru mengenai obat Covid-19 Remdesivir dipublikasikan di New England Journal of Medicine pada 8 Oktober. Dalam penelitian itu, para peneliti memastikan manfaat obat Covid-19 Remdesivir untuk mengobati orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved