Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Tidak Ada Penangguhan Upah Sesuai UMK 2022, Pemkot Yogya Peringatkan Pengusaha 

Pemkot Yogyakarta mewanti-wanti pengusaha atau pemberi kerja supaya tidak melakukan penangguhan gaji sesuai UMK 2022 yang telah ditetapkan.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
yangenak.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mewanti-wanti para pengusaha, atau pemberi kerja, supaya tidak melakukan penangguhan gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2022 yang telah ditetapkan. 

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Tranamigrasi Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang mengatakan, hal tersebut selaras dengan keputusan Gubernur.

Alhasil, kelonggaran seperti tahun lalu, dipastikan tidak diberlakukan lagi. 

"Kami sudah mensosialisasikan juga. Saya kira, masing-masing pengusaha bisa memahami, bahwa ada keputusan Gubernur yang harus ditaati, serta menjadi bagian dari kesepakatan semua," katanya, Jumat (26/11/2021). 

"Jadi, secara formal sudah (disampaikan). Lagipula, ini keputusan Gubernur sudah menjadi konsumsi publik kan. Artinya, publik dianggap sudah baca," imbuh Tion. 

Baca juga: Kantongi Rekomendasi, Pemkot Yogya Pastikan UMK 2022 Alami Kenaikan

Ia pun memastikan, pihaknya tidak semata-mata hanya memberikan peringatan.

Oleh sebab itu, pengawasan akan dilakukannya mulai tahun depan, guna memastikan tidak terjadi pelanggaran, terkait pembayaran upah ini. 

"Nanti kan ada timnya, seperti di dalam pemerintahan, birokrasi, ada pengawasnya. Itu jabatan fungsional ya, JFT pengawasan ketenagakerjaan namanya," ujarnya. 

Terlebih, dirinya menilai, kenaikan UMK Kota Yogyakarta sebesar 4,08 persen menjadi Rp2.153.170 itu, merupakan kesepakatan antara asosiasi pengusaha, dengan serikat pekerja.

Sehingga, tak ada alasan untuk mangkir. 

"Lagipula, itu kan sudah sesuai rumus dan formulanya, ya, sebagaimana termaktub di PP 36 Tahun 2021. Angkanya dari badan pusat statistik itu," ungkapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved