Breaking News:

Tata Cara Salat Taubat : Syarat-syarat, Niat, dan Waktu Pelaksanaannya

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Taubat merupakan sikap menerima setiap kesalahan yang kita lakukan dan menyesalinya, serta berjanji dengan berupaya untuk tidak mengulanginya kembali.

Salat Taubat adalah salah satu bentuk ibadah yang aMat tinggi nilainya di hadapan Allah SWT.

Dalam salat tersebut, seseorang mengakui bahwa dirinya tidak lain, tidak bukan hanyalah pendosa.

Pada dasarnya salat ini dilakukan untuk suatu bentuk pengakuan akan segala kekurangan yang dimiliki.

Anjuran untuk bertaubat, terdapat dalam firman Allah swt.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Yā ayyuhallażīna āmanụ tụbū ilallāhi taubatan naṣụḥā, 'asā rabbukum ay yukaffira 'angkum sayyi`ātikum wa yudkhilakum jannātin tajrī min taḥtihal-an-hāru yauma lā yukhzillāhun-nabiyya wallażīna āmanụ ma'ah, nụruhum yas'ā baina aidīhim wa bi`aimānihim yaqụlụna rabbanā atmim lanā nụranā wagfir lanā, innaka 'alā kulli syai`ing qadīr

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. At Tahrim : 8)

Ayat tersebut memberikan kita pada keutamaan taubatan nasuha yaitu diberikan surga oleh Allah swt.

selain itu, kita amat di anjurkan untuk bersegera melaksanakan salat taubat.

Ibadah Salat Taubat adalah wujud penghambaan manusia terhadap Tuhannya
Ibadah Salat Taubat adalah wujud penghambaan manusia terhadap Tuhannya (via mobtada.com)
Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved