Breaking News:

Berita Bantul Hari Ini

Marak Kasus Kenakalan Remaja di Bantul, Sekolah Diminta Beri Perhatian Khusus pada Siswa

Pemkab Bantul memiliki program pengembangan prestasi akademik yang secara tidak langsung berkaitan dengan pencegahan terjadinya kenakalan remaja.

TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Fenomena kejahatan jalanan yang dilakukan remaja atau klitih belakangan ini marak terjadi di DI Yogyakarta.

Terbaru, ada sembilan pelajar tingkat SMK yang diamankan Petugas Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Kasihan, di dalam satu rumah di Pedukuhan Janten, Ngestiharjo, Kasihan, Kabupaten Bantul, Kamis (25/11/2021) pagi.

Mereka diamankan karena kedapatan memiliki senjata tajam (sajam) dan diduga terlibat aksi kejahatan jalanan atau klitih.

Menyikapi kejadian tersebut, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menegaskan bahwa fenomena kenakalan remaja belum bersifat masif.

Baca juga: Polisi Amankan 9 Pelajar di Bantul, Diduga Pelaku Klitih

Kendati demikian, langkah penanganan untuk mencegah peristiwa itu terulang perlu diupayakan.

"Dia hanya letupan kecil pada kasus tertentu saja sehingga ini memerlukan penanganan utamanya pada lembaga pendidikan kita. Karena mereka kan anak usia sekolah," jelas Halim saat dimintai tanggapan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (25/11/2021).

Halim melanjutkan, Pemkab Bantul memiliki program pengembangan prestasi akademik yang secara tidak langsung berkaitan dengan pencegahan terjadinya kenakalan remaja.

Program tersebut meliputi peningkatan peran orang tua dalam proses belajar mengajar, perbaikan metodologi belajar, serta bertujuan untuk mendorong para guru agar dapat memberi perhatian khusus terhadap siswa yang bermasalah baik secara akademik maupun non akademik.

"Ya kita harapkan sekolah itu dari SD, SMP, SMA melakukan pemantauan yang lebih ketat terhadap perkembangan anak-anak khususnya yang mengalami masalah termasuk kenakalan itu," paparnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved