Breaking News:

Kewajiban Salat Jumat, Hukum, Ketentuan, dan Ancaman bagi yang Tidak Menjalankan

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
SAFIN HAMED / AFP
Umat Muslim Salat Berjamaah 

TribunJogja - Salat Jumat ialah Salat Wajib yang dikerjakan dua Raka’at dan dilakukan pada hari Jum’at pada waktu masuknya salat Dzuhur dan dilaksanakan setelah Khutbah.

Sedangkan Hari Jum’at sendiri merupakan raja (hari besar) dari semua hari. Hal ini dikarenakan pada hari Jum’at terjadi peristiwa – peristiwa penting mengenai sejarah Islam.

Seperti tercantum didalam sabda Nabi Muhammad saw, ” Sebaik – baiknya hari dimana matahari terbit ialah pada hari jumat. Pada hari Jumat tersebut Adam diciptakkan, Pada hari itu dia dimasukkan ke dlm surga dan pd hari Jum’at jg dia dikeluarkan dari surga, Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada Haari Jumat (HR. Muslim) ”.

Jika melihat Sabda Nabi Muhammad Saw diatas sudah bisa dipastikan bahwa Keutamaan Shalat Jumat dan Manfaat Shalat Jumat sangat luar Biasa besarnya.

Hukum Mengerjakan Salat Jumat sendiri adalah Wajib atau Fardhu Ain bagi semua Laki – Laki Muslim di dunia kecuali untuk Wanita, Hamba Sahaya, Anak - Anak (belum baliq), Orang sakit, maka tidak diwajibkan atas mereka dan hanya diwajibkan untuk mengerjakan Salat Dzuhur.

Hari Jum'at adalah hari yang paling mulia

Keutamaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Jumat sebagai keistimewaan umat muhammad yang tidak diberikan pada umat sebelumnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللهِ

Artinya :

Sesungguhnya hari Jumat itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. (HR. Ibnu Majah)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved