Breaking News:

Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Nataru, Pemda DIY Akan Gelar Operasi Pasar

Pemda DIY akan menggelar operasi pasar untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok sekaligus menjamin tidak adanya gejolak harga saat Natal

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY akan menggelar operasi pasar untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok sekaligus menjamin tidak adanya gejolak harga saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, komoditas yang mengalami lonjakan harga biasanya disebabkan karena ketersediaan yang dimiliki tak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Selain itu, potensi gangguan distribusi pangan seperti penimbunan serta manipulasi harga perlu diantisipasi jelang Nataru.

Baca juga: Presiden Perintahkan Konversi LPG ke Kompor Induksi, PLN Gulirkan program Satu Juta Kompor Induksi

Karenanya dalam waktu dekat Satgas Pangan DIY akan diterjunkan untuk melakukan operasi pasar.

"Kan sebagian orang saat Natal biasanya mempermainkan stok. Karena permintaan meningkat stoknya dikurangi atau disimpan. Nah ini Satgas Pangan akan lakukan operasi itu supaya tidak ada penumpukan," jelas Aji, Rabu (24/11/2021).

Pemda DIY juga akan memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok di wilayahnya. 

Baca juga: Gulirkan Skrining Acak untuk Peserta PTM, Pemkot Yogya Terapkan Metode Swab PCR 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog dan BUMD Taru Martani untuk meminta pasokan bahan pangan tambahan seandainya ada kelangkaan.

"Mudah-mudahan tidak terjadi kenaikan seperti minyak goreng, nanti kita upayakan stok mencukupi. Kalau memang ada kekurangan kita sudah terkoneksi dengan Bulog agar nanti bisa membantu," tuturnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved