Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Gandeng Lodi, Kemkominfo Dorong Kemudahan Akses Logistik Digital untuk UKM di Yogya

Lodi memberikan kemudahan untuk para UKM dalam pengemasan order ke berbagai platform marketplace, secara fleksibel.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Suasana sosialisasi pemanfaatan teknologi digital warehouse pada sektor logistik yang digelar Kemkominfo di Yogyakarta, Selasa (23/11/21). 

TRIBUNJOGJA.COM - Transformasi digital menjadi kunci bagi kemajuan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di era modern.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), mengumpulkan puluhan pelaku UKM di Yogyakarta, Selasa (23/11/2021), sebagai upaya pengembangan. 

Koordinator Inisiatif Sektor Strategis I Kemkominfo, Wijayanto mengatakan, pembangunan infrastruktur berbasis teknologi informasi dalam mendukung transformasi digital menjadi salah satu program instansinya, untuk membawa Indonesia memiliki daya saing di tingkat global. 

"Kita jadi garda terdepan dalam digitalisasi nasional. Ada enam sektor strategis, termasuk sektor logistik ini. Kita jadi fasilitator dan akselerator di sini," katanya. 

Baca juga: Pemkot Yogya Dorong UKM Miliki Nomor Induk Berusaha

Dijelaskannya, pandemi Covid-19 yang melanda hampir dua tahun terakhir, memaksa pelaku usaha kecil, supaya mampu beradaptasi dengan pola-pola baru.

Tak terkecuali di sektor logistik yang jelas butuh penyesuaiain, agar UKM dapat mempertahankan eksistensi di periode sulit. 

"Makanya, kita gandeng beberapa stakeholder, ya, salah satunya dengan Lodi ini, untuk memaksimalkan gerak UKM. Kita berikan solusi pengiriman barang secara digital, agar penjualan bisa semakin maksimal," jelasnya. 

Pada kesempatan tersebut, CEO Lodi, Yan Hendri Jauwena menyampaikan, pandemi secara tidak langsung berperan dalam percepatan transformasi digital.

Sebab, lanjutnya, pelaku UKM praktis berbondong-bondong dan beralih memanfaatkan pasar digital, atau online. 

"Karena kebiasaan konsumennya kan juga berubah. Tetapi, bagi UKM, mereka harus mempethatikan proses pengiriman barang. Tuntutan kecepatan, fleksibilitas, dan transparansi logistik, pasti sangat tinggi, ya," tandasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved