Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

263 Pelaku Wisata di Kota Yogya Didorong Ajukan Pendaftaran BPUP

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melangsungkan program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP).

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melangsungkan program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP).

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta pun mendorong para calon penerima, agar segera mengajukan pendaftaran. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta (Dispar) Wahyu Hendratmoko mengatakan, sejauh ini, terdapat 263 pelaku usaha jasa pariwisata di wilayahnya, yang masuk ke dalam daftar calon penerima BPUP.

Namun, hingga kini, baru sebagian kecil yang menindaklanjutinya. 

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Serahkan Bantuan Kepada 2 Warga yang Mengalami Musibah Kebakaran

"Sampai kemarin itu baru sekitar 45 pelaku usaha yang mengajukan pendaftaran. Dari jumlah tersebut, ada satu yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, karena NPWP tidak sesuai, ya," cetusnya, Selasa (23/11/2021). 

Dipaparkannya, beberapa jenis usaha pariwisata yang jadi sasaran BPUP tersebut, antara lain hotel non bintang, biro perjalanan wisata, penginapan jangka panjang, serta spa.

Wahyu berujar, Pemkot Yogyakarta masih memberikan kesempatan untuk mengajukan pendaftaran BPUP, setidaknya sampai Jumat (26/11/2021). 

"Karena sampai sekarang belum semuanya mengajukan. Untuk pendaftarannya, dilakukan secara daring, lalu Dinas Pariwisata akan memverifikasi," ujarnya. 

Ia mengungkapkan, pelaku usaha pariwisata yang lolos verifikasi, akan mendapat penyaluran BPUP sebesar Rp1,8 juta.

Kadispar pun mengakui, jumlah tersebut, lebih kecil dibandingkan rencana awal Rp2 juta selama dua bulan, sehingga total yang diterima Rp4 juta. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved