Breaking News:

Antisipasi Penularan Gelombang Ketiga, Binda DIY Dorong Pelaksanaan Vaksin Booster Dosis Ketiga

DI Yogyakarta sebentar lagi akan menghadapi momen libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sejumlah langkah antisipasi pun perlu disiapkan

Istimewa
Webinar bertajuk Indonesia Sehat Indonesia Hebat 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta sebentar lagi akan menghadapi momen libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sejumlah langkah antisipasi pun perlu disiapkan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 gelombang ketiga.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengungkapkan, meski tren penularan Covid-19 di DIY tergolong landai, namun masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan.

Sebab, penularan belum sepenuhnya hilang.

Baca juga: Trotoar Jalan Pasar Kembang Kota Yogyakarta Dipenuhi Kendaraan Bermotor, Ini Keluhan Pejalan Kaki

"Meski di Yogya kasus melandai, bukan berarti kita berpuas diri dan tidak waspada sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi," jelas Andry dalam webinar bertajuk Indonesia Sehat Indonesia Hebat yang disiarkan secara daring, Senin (22/11/2021).

Pihaknya juga mendorong agar program vaksinasi dituntaskan. Pemda juga diharapkan dapat segera merancang program vaksinasi hingga dosis ketiga kepada masyarakat umum.

Terlebih masa efikasi vaksin rata-rata hanya bertahan selama enam bulan.

"Kita sudah mulai vaksinasi sejak Juni. Berarti Januari 2022 yang vaksin pakai jalur BIN harusnya sudah disuntik vaksin dosis tiga karena ini berkaitan dengan imunitas. Kalau belum bisa dilakukan potensi kenaikan Covid-19 pada Januari kemungkinan bakal terjadi," ucapnya.

Selain itu, walaupun cakupan vaksinasi di DIY telah melampaui 95 persen, masyarakat juga tetap harus menjaga imunitasnya. Yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi vitamin.

Jangan sampai masyarakat lengah karena dirinya telah menjalani vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved