Breaking News:

Kisah Inspiratif

Jaga Keselarasan Ekosistem, Pasutri Asal Magelang Ciptakan Wadah Edukasi dan Konservasi Kupu-Kupu

Minimnya kepedulian terhadap keberlangsungan hidup kupu-kupu menginiasi lahirnya Borobudur Butterfly Edu.

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Berawal dari kegelisahan yang dirasakan sepasang suami istri Muhammad Fathul Mubin (53), dan Warih Budi Triningsih (49), melihat mulai terganggunya keseimbangan alam di lingkungan sekitarnya.

Akibat alih fungsi lahan untuk pembangunan gedung, penggunaan pestisida yang berlebihan,hingga polusi udara yang terus meningkat.

Pasutri yang berdomisili di Dusun II, Tanjungsari, Kecamatan Borobudur Magelang mulai sadar banyak hewan yang kehilangan tempat tinggalnya.

Terutama, serangga nektar jenis kupu-kupu yang sangat jarang diperhatikan keadaan ekosistemnya.

Baca juga: 7 Arti Mimpi Melihat Kupu-kupu, Petanda Bakal Ada Perubahan di Dalam Kehidupan

Padahal, hewan yang memiliki nama ilmiah Rhopalocera itu, memiliki peran ekologi yang sangat tinggi untuk menjaga keseimbangan alam.

Yakni, bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan pada sari bunga di berbagai macam tanaman. 

Muhammad Fathul Mubin mengatakan, minimnya kepedulian terhadap keberlangsungan hidup kupu-kupu membuat dirinya dan sang istri tergerak hati untuk membuat konservasi sekaligus edukasi bernama Borobudur Butterfly Edu di tempat tinggalnya sejak 2019 lalu.

"Masih jarang sekali, orang yang mau melakukan korservasi atau penangkaran terhadap hewan satu ini (kupu-kupu). Karena, sebagian hanya melihat kupu-kupu itu ketika sudah memiliki sayap yang indah. Namun, merasa jijik ketika masih menjadi ulat bahkan disebut hama pengganggu," terangnya kepada Tribunjogja.com, saat ditemui d kediaamannya, Sabtu (20/11/2021).

Memahami kondisi tersebut, dirinya pun melihat masih banyak masyarakat yang kurang mengerti arti penting keberadaan kupu-kupu untuk menjaga kelangsungan ekosistem.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved