Breaking News:

Inilah 5 Cara Orang Beriman Menghadapi Wabah Penyakit Menular Seperti Covid-19

Islam mengajarkan bagaimana cara seorang muslim untuk menerima suatu musibah atau bencana. Bagaimana orang beriman menghadapi wabah penyakit?

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
Tumisu from Pixabay
Ilustrasi Orang Beriman dalam Menghadapi Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COMCovid-19 adalah ketentuan Allah SWT untuk menguji kesabaran manusia.

Covid-19 termasuk ke dalam musibah yang dapat menimpa siapa saja, baik pria atau wanita, muda atau tua, kaya atau miskin, juga ke semua orang apapun agamanya.

Islam mengajarkan bagaimana cara seorang muslim untuk menerima suatu musibah atau bencana.

Bagaimana seharusnya orang beriman menghadapi wabah penyakit?

Melansir dari islamkita.co, berikut cara orang beriman mengahadapi wabah:

1. Berpikir dengan Ilmu dan Tidak Menyebarkan Hoax

Hendaknya saat ditimpa wabah penyakit, seperti Covid-19, seorang muslim harus mempelajari tentang wabah tersebut, seperti tentang kenapa seseorang bisa terkena penyakit menular itu, bagaimana penyebarannya, dan cara mengobatinya. Sehingga dapat menjauhkan diri dari perbuatan menyebarkan hoax (berita bohong). Allah SWT berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ ۚ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ ۖ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ ۚ وَالَّذِي تَوَلَّىٰ كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.” (QS. An-Nur: 11)

2.  Melihat Musibah dari Kacamata Iman

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved