Breaking News:

Berita Kulon Progo Hari Ini

Dampingi Pelaku Usaha Kuliner, Dinpar Kulon Progo Gelar Food Menoreh Festival

Diharapkan para pelaku usaha kuliner dapat berinovasi dalam menciptakan menu makanan berbasis lokal untuk memantik para wisatawan yang datang.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Dewan juri sedang melakukan penilaian ke peserta Food Menoreh Festival yang digelar di Plaza Kuliner Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (21/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo menggelar Food Menoreh Festival.

Melalui kegiatan itu, diharapkan para pelaku usaha kuliner di wilayahnya dapat berinovasi dalam menciptakan menu makanan berbasis lokal untuk memantik para wisatawan yang datang. 

"Sehingga kami membersamai mereka melalui Food Menoreh Festival. Kegiatan ini dibagi menjadi dua tema. Di wilayah utara dengan menu olahan lokal dan wilayah selatan dengan menu olahan seafood. Total ada 30 kelompok yang mengikuti kegiatan ini," kata Joko Mursito, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo saat ditemui di Plaza Kuliner, Pantai Glagah, Minggu (21/11/2021). 

Food Menoreh Festival juga bertujuan untuk memastikan para pelaku usaha kuliner menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat menyajikan makanan kepada para tamu. 

Baca juga: UMK Daerah Istimewa Yogyakarta 2021, Kota Jogja, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul

Bahkan pada kegiatan tersebut Dinpar Kulon Progo menghadirkan dua chef ternama sebagai dewan juri yakni chef Muto yang terkenal atraksinya melempar pisau saat memasak. Serta chef Aiko yang merupakan jebolan dari master chef Indonesia. 

Mereka dihadirkan untuk memberikan semangat di bidang kuliner bagi para pelaku usaha kuliner

Sehingga ke depannya ia berharap banyak kreativitas yang muncul di dalam berbagai olahan menu makanan berbasis lokal. 

"Dengan begitu, akan muncul menu-menu baru unggulan yang nantinya akan mewarnai kuliner di Kulon Progo. Selain itu wisatawan yang berkunjung tidak hanya sekadar datang ke destinasi wisata tetapi juga mencoba makanan kuliner lokal yang bervariatif," ujarnya. 

Peserta Food Menoreh Festival dari Rumah Makan Seafood Prima Rasa, Galih Haryo Prabowo mengaku sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab bisa untuk mengasah keterampilan dan menambah pengetahuan berbagai macam makanan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved