Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

'Bersinar di Tengah Pandemi', Dokumentasi Kiprah Relawan Muhammadiyah Perangi Covid-19 di Yogya

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) me-launching sebuah buku berjudul "Bersinar di Tengah Pandemi".

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Launching buku 'Bersinar di Tengah Pandemi', di Kantor DPD RI DIY, Sabtu (20/11/21) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kiprah persyarikatan Muhammadiyah dalam penanganan pandemi Covid-19, di Yogyakarta pada khususnya, jelas tidak bisa dipungkiri lagi.

Berbagai macam gerak relawan dari tingkat ranting, cabang, daerah, hingga wilayah, dilakukan serempak, dan berkesinambungan.

Sebagai upaya pendokumentasian kiprah luhur tersebut, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), yang berkolaborasi dengan Anggota DPD RI Dapil DIY, Muhammad Afnan Hadikusumo, me-launching sebuah buku berjudul "Bersinar di Tengah Pandemi", pada Sabtu (20/11/2021).

Ketua MDMC, Budi Setiawan mengatakan, dalam buku ini, dituliskan mulai dari SOP penanganan pandemi, mengenai prosedur pengiriman pasien Covid-19 ke selter, atau rumah sakit, maupun prosedur pemulasaran jenazah.

Selain itu, diwarnai pula, dengan kisah heroik deretan relawan.

Baca juga: MCCC PW Muhammadiyah DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 di Bantul, Sasar 300 Penyandang Disabilitas

"Ini menjadi sangat penting, sehingga harus didokumentasi dalam bentuk buku, untuk pembelajaran kita semuanya. Sekaligus, harapan kami, kedepan bisa jadi semacam pancingan untuk warga masyarakat," ungkap Budi.

Apalagi, gerakan para relawan yang tergabung dalam MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) itu dilakukan secara swadaya.

Semuanya didasari oleh kepedulian bagi umat, tanpa instruksi, atau perintah, dari siapapun.

"Kita melihat teman-teman di ranting, semuanya urunan untuk melakukan kegiatan di lingkungannya ya. Mulai dari pencegehan, hingga pemakaman dengan prosedur pasien Covid-19. Kemudian, ibu-ibu aisyiyah juga gencar sekali melakukan gerakan cantelan selama ini," katanya.

Sementara Anggota DPD RI Dapil DIY, Muhammad Afnan Hadikusumo mengatakan, pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya untuk penanganan pandemi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved