Breaking News:

Kisah Inspiratif

Pelestari Anggrek di Yogya Mampu Budidaya 110 Spesies Langka di Kawasan Gunung Merapi

Musimin adalah seorang laki-laki yang dalam dua dekade belakangan bergelut membudidayakan anggrek.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
Musimin, yang dalam dua dekade belakangan bergelut membudidayakan anggrek, termasuk spesies anggrek langka dan hampir punah yang pernah tumbuh di lereng Gunung Merapi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Enam tahun setelah pertama kali tim Tribunjogja.com menyambangi rumah Musimin, ternyata ada banyak kemajuan yang tercatat di tempat budidaya anggrek miliknya.

Musimin adalah seorang laki-laki yang dalam dua dekade belakangan bergelut membudidayakan anggrek, termasuk spesies anggrek langka dan hampir punah yang pernah tumbuh di lereng Gunung Merapi.

Hingga kini, ia sudah membudidayakan sekitar 170 jenis anggrek.

Jumlah ini bertambah dari tahun 2015 yang hanya 80 jenis anggrek saja.

“Saya ingat, waktu itu saya pernah bertemu dengan Mas Santo dari Tribun Jogja. Sudah lama ya sekitar 2015 saat ada acara di sini,” kenangnya membuka pembicaraan dengan tim Tribun Jogja yang mengunjungi rumah Musimin langsung di lereng selatan Gunung Merapi, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: Terapkan Tips Merawat Anggrek di Dalam Ruangan Berikut Ini Agar Cepat Berbunga

Rumah Musimin berada di satu tempat dimana dia membangun dua rumah hijau untuk budidaya anggreknya.

Terletak 6 km dari Gunung Merapi, dari jalan utama, rumah laki-laki paruh baya itu berada di dataran yang lebih tinggi dengan jalan setapak berbatu yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, termasuk sepeda. 

Sehingga, siapapun yang berkunjung, harus sabar memacu kendaraannya sampai ke atas demi mencapai tempat budidaya anggrek milik Musimin.

Satu rumah hijau di depan diberi poster ‘Budidaya Anggrek Merapi Bp Musimin’ untuk memudahkan pengunjung memastikan bahwa mereka mengunjungi tempat yang tepat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved