Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Revitalisasi Rawa Jombor Klaten Dipastikan Berlanjut Tahun Depan, Ini Kata BBWS Bengawan Solo

Proses revitalisasi waduk Rawa Jombor akan tetap berjalan di tahun 2022 sesuai dengan rencana yang telah telah disusun.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Sejumlah warga saat membongkar warung apung di Rawa Jombor yang berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jumat (19/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi keterbukaan para pengelola warung apung, keramba jaring apung dan kolam pemancingan yang membongkar warungnya demi kesuksesan revitalisasi waduk Rawa Jombor Klaten.

Ia pun menegaskan jika proses revitalisasi waduk Rawa Jombor akan tetap berjalan di tahun 2022 sesuai dengan rencana yang telah telah disusun.

"Saya mengapresiasi masyarakat yang (memanfaatkan rawa untuk berusaha) dengan terbuka mau direlokasi oleh pemerintah dan tempat-tempat (relokasinya) juga sudah disiapkan," ujar Mulyani saat Tribunjogja.com temui di rawa itu, Jumat (19/11/2021).

Menurutnya, saat ini pihaknya terus memperjuangkan kelangsungan revitalisasi Rawa Jombor itu agar tetap berjalan di tahun depan.

Baca juga: Semua Pemilik Warung Apung Rawa Jombor Klaten Bongkar Warungnya Secara Mandiri

Untuk itu, pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya sangat memperjuangkan kelanjutan (revitalisasi) Rawa Jombor ini pada tahun depan agar masyarakat yang memanfaatkan rawa itu dapat kepastian, karena mereka dengan ikhlas sukarela sudah mau terbuka untuk Rawa Jombor direvitalisasi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Bengawan Solo, Agus Rudianto mengatakan jika proses revitalisasi waduk Rawa Jombor akan tetap berlanjut di tahun mendatang.

"Revitaliasi (tahun 2021) sudah dianggarkan Rp100 miliar tapi kena refocusing jadi Rp50 miliar terus kemudian dipotong lagi jadi Rp22 miliar. Kami tidak PHP tapi tetap melanjutkan program yang ada di Rawa Jombor ini," kata dia.

Baca juga: Warung Apung Rawa Jombor Klaten Mulai Dibongkar, Pengelola Berharap Hal Ini Tidak Terjadi

Ia menyebut, untuk dana awal kelanjutan revitalisasi Rawa Jombor tahun 2022, pihaknya telah menyiapkan dana sebanyak Rp4 miliar.

"Untuk tahun depan insyallah kita lanjutkan, sudah ada Rp4 miliar untuk memulainya. Nanti ini tidak kalah dengan Sarangan, Magetan Jawa Timur. Nanti akan ditata," ucap dia.

Menurut Agus, prioritas pembangunan tahun depan yakni melanjutkan pengerjaan pelabuhan, pedestrian hingga pemasangan lampu-lampu penerang jalan.

"Prioritas tahun depan untuk pelabuhan, melanjutkan pedestrian, dan pemasangan lampu-lampu penerangan. Seperti yang kita ketahui jika saat ini kita juga melibatkan TNI untuk membersihkan karamba dan warung apung, kita harap ini berjalan lancar," tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved