Breaking News:

Wanita Argentina Sembuh dari HIV Berkat Kebebalan Tubuhnya Sendiri, Ahli : Ini Keajaiban

Para ahli menyebutnya sebagai sebuah keajaiban mengingat hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV.

Editor: Mona Kriesdinar
pixabay
Ilustrasi virus HIV 

TRIBUNJOGJA.COM - Seorang wanita di Argentina berhasil sembuh dari Virus HIV berkat kekebalan tubuhnya sendiri. Imunitas yang dimilika tersebut telah berhasil menghantikan replikasi virus sehingga ia bisa sembuh tanpa harus menggunakan obat antiretroviral.

Para ahli menyebutnya sebagai sebuah keajaiban mengingat hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine pada 15 November lalu.

Para peneliti menyebut bahwa wanita ini adalah orang kedua yang tercatat sembuh karena sistem kekebalan tubuhnya kemungkinan menghilangkan virus HIV-nya sendiri.

“Saya senang menjadi sehat. Saya memiliki keluarga yang sehat. Saya tidak perlu berobat, dan saya hidup seolah-olah tidak ada yang terjadi. Ini merupakan keistimewaan,” ujar wanita itu seperti dikutip dari NBC News, Selasa (16/11/2021).

Sebelumnya, wanita pertama yang sistem kekebalan tubuhnya juga disebut mematikan HIV adalah Loreen Willenberg asal California Utara.

Dia mungkin menjadi orang pertama yang sembuh tanpa harus menjalani transplantasi sumsum tulang belakang.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Natalia Laufer, seorang ilmuwan dari INBIRS Institute di Buenos Aries, Argentina dengan melakukan pencarian menyeluruh untuk setiap HIV pada wanita yang dinilai layak untuk diteliti.

Selama riset berlangsung, para peneliti memindai lebih dari 1 miliar sel wanita untuk mendeteksi tidak ada virus HIV yang hidup, meski dia tak lagi menjalani terapi antiretroviral, terapi untuk mencegah virus bisa bereplikasi.

Mereka menemukan bahwa sistem kekebalan dalam tubuh pasien yang telah sembuh tampaknya telah menghancurkan sel-sel HIV yang mampu menggandakan dirinya sendiri.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved