Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

PPKM Kabupaten Magelang Turun Level 2, Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Berwisata

Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Magelang diturunkan dari level 3 menjadi level 2.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kabupaten Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Magelang diturunkan dari level 3 menjadi level 2.

Aktivitas masyarakat pun dilakukan sesuai dengan ketentuan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Covid-19 Level 3, 2 dan 1 di Wilayah Jawa-Bali.

Dalam Inmendagri tersebut diatur bahwa anak usia di bawah 12 tahun diizinkan masuk ke destinasi wisata dengan syarat didampingi orang tua.

"Iya, sudah diperbolehkan (anak di bawah 12 tahun) masuk ke tempat wisata. Tetapi, dengan aturan ketat yakni harus didampingi orangtua yang sudah divaksin,  taat protokol kesehatan,  dan mengacu pada aplikasi pedulilindungi," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, pada Kamis (17/11/2021).

Baca juga: Cegah Penularan Kasus Baru PTM, Satgas Covid-19 Kabupaten Magelang Gelar Tracing Setiap Minggu

Sementara itu, bagi pengelola wisata yang  dapat beroperasi, ia mengatakan, juga harus memenuhi persyaratan.

Di antaranya, memiliki sertifikat CHSEA, Scan barcode PeduliLindungi, dan sarana pra sarana penunjang protokol kesehatan.

"Syarat tersebut harus lengkap semua. Jika ada satu yang tidak ada, maka belum bisa dibuka,"ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Ahmad Husein menuturkan, pihaknya masih menunggu arahan dari Ingub dan Inbup terkait pelaksanaan wisata di PPKM level 2.

"Benar, kami berpedoman pada Inmendagri untuk pelaksanaan di lapangan. Namun, untuk lebih lengkapnya kami masih menunggu aturan Ingub dan Inbupnya," ujarnya.

Sementara, pengelola Ketep Pass Edwar Alfian mengatakan, pihaknya menyambut positif perizinan wisata bagi anak di bawah 12 tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved