Breaking News:

Capaian Vaksinasi Lebih dari 50 Persen, Pemkab Magelang Turun ke PPKM Level 2

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang berhasil menurunkan level PPKM menjadi level 2, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang berhasil menurunkan level PPKM menjadi level 2, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 60 tahun 2021, tertanggal 15 November 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menjelaskan, faktor penurunan  penurunan level turut dipengaruhi atas capaian vaksinasi dan angka konfirmasi kasus baru.

"Saat ini, vaksinasi alhamdulilah terus gencar dilakukan baik dari Dinkes dibantu dengan TNI dan Polri, kita bisa terpacu cepat sekali dan per hari ini sudah mencapai 57,5 persen. Begitupun, angka kasus baru juga melandai. Kita juga akan terus mengupayakan supaya kita bisa turun pada PPKM Level I, di mana salah satu syarat untuk mencapai level I ini diantaranya suntikan dosis pertama minimal 70 persen. Inilah yang sedang kita kejar termasuk juga dosis pertama untuk Lansia," paparnya pada Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Sebanyak 1.457 Peserta Lolos ke Tahap SKB CPNS Pemkot Yogyakarta

Sementara itu, untuk kegiatan wisata, ia menerangkan terkait ketentuan Inmendagri No 60 tahun 2021 tersebut di antaranya di sektor pariwisata (tempat wisata umum) diperbolehkan buka dengan tetap kapasitas 25 persen.

Kemudian, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta memiliki scan barcode pedulilindungi.

"Semua aturan tersebut harus dipatuhi dan lengkap, kalau ada satu yang kurang maka destinasi wisata tersebut belum layak untuk beroperasi. Jangan sampai dengan dibukanya pariwisata nanti malah menimbulkan masalah penularan (Covid-19) yang baru," terangnya.

Baca juga: Bantu Bangkitkan Sektor Pariwisata, Komunitas Jogja Pit Ringkes Gelar Gowes Bersama

Kendati demikian, Ia berharap meskipun Kabupaten Magelang sudah masuk pada PPKM level 2 masyarakat dihimbau  harus  mengindahkan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Kita harus tetap waspada, apalagi menjelang masa libur di bulan Desember nanti akan ada peningkatan mobilitas masyarakat sehingga kita harus tetap waspada dan tidak ada euphoria," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved