Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Bupati Klaten Serahkan Bantuan Alsintan Senilai Rp 5,2 Miliar ke Sejumlah Kelompok Tani

Sejumlah Kelompok Tani di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan paket penunjang lainnya.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Prokopim Setda Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani saat menyerahkan bantuan Alsintan kepada sejumlah Kelompok Tani di Klaten, Selasa (16/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sejumlah Kelompok Tani di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan paket penunjang lainnya.

Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis, bantuan berupa 19 Alsintan dan 19 paket penunjang lainnya, kepada sejumlah perwakilan Kelompok Tani di Aula Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Selasa (16/11/2021).

Paket bantuan senilai Rp 5,282 miliar tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian serta Kementerian Perikanan dan Kelautan melalui Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Harapannya, dengan bantuan ini, Kabupaten Klaten bisa mempertahankan predikatnya sebagai penyangga pangan nasional," jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Perpustakaan Klaten Sudah Dibuka Lagi, Pengunjung Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

Kepada perwakilan penerima bantuan, Mulyani berpesan agar memanfaatkan dan merawat alat pertanian dengan baik, mengingat tingginya harga per unit peralatan tersebut.

"Butuh kebersamaan untuk memelihara, merawat, dan memanfaatkan alat-alat yang sudah diberikan. Bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh kelompok (tani) itu saja, tapi bisa untuk kelompok yang lain atau (kelompok) tetangga yang lain, sehingga asas manfaatnya betul-betul bisa maksimal," kata dia.

Sementara itu, Kepala DPKPP Klaten, Widiyanti menyebut melalui pemberian bantuan ini predikat Klaten sebagai lumbung pangan nasional harus bisa dipertahankan.

Selain itu, juga bisa mewujudkan Kabupaten Klaten mandiri pangan, sekaligus produktivitas pertanian bisa meningkat dengan optimal.

"Kami mengingatkan, bahwa bantuan ini adalah untuk mengoptimalkan kegiatan pertanian. Jadi alsintan yang sudah dibagikan ini harus benar-benar bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat yang ada di kelompoknya masing-masing, atau kelompuk tetangganya," katanya.

Baca juga: Diskominfo Klaten Serahkan 391 Portal Website Desa Bertajuk Dilan 

Menurutnya, selain memberikan kemudahan bagi kelompok taninya, Alsintan juga bisa dikembangkan untuk usaha ekonomi produktif, dengan jalan disewakan peralatannya.

Hasilnya selain untuk meningkatkan pendapatan kelompok, juga bisa digunakan untuk biaya pemeliharaan alat.

Sekadar informasi, bantuan Alsintan yang diberikan sejumlah 19 unit, berupa 3 unit Traktor Roda Empat, 4 unit Hand Tractor Roda Dua, 2 unit Rice Transplanter, 4 unit Cultivator, 1 unit Power Thresher Multiguna Type Mobile, dan 5 unit Combine Harvester Type Besar.

Bantuan lainnya sejumlah 19 paket, berupa 5 paket Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), 2 paket bantuan Bioflok, bantuan Kambing untuk 5 kelompok, dan bantuan Ayam untuk 7 kelompok. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved