Breaking News:

Mimbar Legislasi : Jalankan Fungsi DPRD untuk Kepentingan Rakyat

Fungsi utama DPRD adalah untuk mengontrol jalannya pemerintahan di daerah, maka Sukardiyono, anggota Komisi A DPRD Bantul berpesan agar setiap anggota

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Sukardiyono, anggota Komisi A DPRD Bantul 

Jalankan Fungsi DPRD untuk Kepentingan Rakyat 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Fungsi utama DPRD adalah untuk mengontrol jalannya pemerintahan di daerah, maka anggota Komisi A DPRD Bantul Sukardiyono berpesan agar setiap anggota dewan mampu menjalankan fungsi-fungsi tersebut.

Ia menjabarkan, DPRD memiliki tiga fungsi yakni legislasi di mana DPRD memiliki kewenangan membuat peraturan daerah (perda), baik inisiasi dari DPR, ataupun dari Bupati.

"Perda ini untuk menjaga keberlanjutan kebijakan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan juga terkait dengan kondisi situasi pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Baca juga: Banyak Siswa SD Terdeteksi Covid-19 Saat Swab PCR Acak, Ini Penjelasan Disdikpora Kulon Progo

Sukardiyono yang berasal dari Fraksi Gerindra memaparkan bahwa pemerintah termasuk DPRD di dalamnya harus mampu membuat regulasi pemulihan ekonomi. Terlebih saat ini seluruh sektor tengah terdampak pandemi Covid-19.

"Regulasi pemulihan ekonomi contohnya regulasi untuk petani, peternak, UMKM, pedagang pasar, pelaku pariwista dan lain-lain, agar kita bisa bangkit dari pandemi ini," imbuhnya.

Ia menekankan bahwa DPRD adalah parlemen yang harus mampu berbicara untuk kepentingan kemajuan rakyat.

Sebagaimana dijelaskan bahwa demokrasi adalah pemerintah dari, oleh dan untuk rakyat, dan tidak akan pernah menghilang dari muka bumi ini.

Maka dari sana diperlukan aturan tegas sebagai pedoman hidup yang berlaku sama untuk setiap anggota masyarakat dan dibuat oleh kekuasan legislatif yang ditegakkan di dalamnya.

Tak hanya membuat perda, DPRD juga harus mempu melakukan pengawasan kebijakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved