Breaking News:

Kabupaten Magelang Dipercaya Menjadi Tempat Latihan 788 Taruna Akmil TNI AD

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang dipercaya menjadi tempat pelatihan 788 taruna Akademi Militer (Akmil) di satuan jajaran TNI Angkatan Darat

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Bupati Magelang saat memimpin upacara pembukaan latihan Praja Bakti Taruna Akmil 2021/2022, Senin (15/11/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang dipercaya menjadi tempat pelatihan 788 taruna Akademi Militer (Akmil) di satuan jajaran TNI Angkatan Darat (AD) melaksanakan pelatihan praja.

Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, salah satu fungsi utama TNI yaitu melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai upaya membina hubungan dengan masyarakat, guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Kesadaran Warga Kota Yogyakarta Terhadap Peredaran Rokok Ilegal Dinilai Sudah Tinggi

"Latihan Praja Bakti mengandung banyak manfaat bagi Taruna, terutama dalam rangka mengaplikasikan materi pelajaran pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan di dalam penugasan para Taruna Akademi Militer di satuan jajaran TNI Angkatan Darat (AD)," ucapnya saat Upacara Pembukaan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil Tingkat II Dan III Tahun 2021/2022 di halaman Setda Kabupaten Magelang, Senin (15/11/2021).

Dalam hal ini, ia  juga mengapresiasi kepada Gubernur Akmil dan seluruh akademika Akmil yang memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Magelang sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk Praja Bakti Taruna 2021/2022.

Melalui Praja Bakti ini ,pemerintah Kabupaten Magelang bisa mengetahui titik-titik yang digunakan dan apa kekurangan serta kelebihannya, yang akan digunakan sebagai bahan instrospeksi dalam melakukan perbaikan-perbaikan.

"Saya berharap taruna peserta latihan Praja Bakti untuk benar-benar memanfaatkan waktu latihan yang sangat terbatas ini, tanpa mengesampingkan pencapaian sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga Akmil. Sehingga taruna memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aplikasi karya bakti dan bakti sosial secara langsung di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang," tuturnya.

Baca juga: PPKM Berakhir Hari Ini, Kemunculan Klaster Covid-19 Jadi Bahan Evaluasi Pemda DIY

Kepada para taruna Akmil yang akan melaksanakan latihan Praja Bakti ini, pihaknya pun meminta agar tidak ragu untuk melakukan koordinasi dengan staf Pemerintah Kabupaten Magelang, apabila memerlukan informasi yang berhubungan dengan latihan kali ini. 

Sementara, Komandan Resimen Taruna Akmil, Brigjen TNI Mochamad Muchidin menerangkan bahwa, kegiatan pelatihan Praja Bakti Taruna Akmil tingkat II dan III ini akan dilaksanakan selama 6 hari di wilayah Kabupaten Magelang yang meliputi 4 Kecamatan antara lain Mungkid, Borobudur, Salaman, dan Tempuran.

"Kemudian taruna yang terlibat ada 788 yang akan mengaplikasikan pembinaan teritorial kepada masyarakat baik itu komunikasi sosial, kerja bakti dan juga tentang ketahanan wilayah," tambahnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved