Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Festival Kreatif Lokal 2021 Digelar di Candi Borobudur Sebagai Wadah Mendukung UMKM Lokal

Perhelatan Festival Kreatif Lokal 2021 sukses digelar di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang sebagai ajang mendorong sumber daya UMKM.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Pembukaan pagelaran Festival Kreatif Lokal 2021, di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Sabtu (13/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Perhelatan Festival Kreatif Lokal 2021 sukses digelar di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang sebagai ajang mendorong sumber daya UMKM di lima Destinasi Wisata Prioritas yakni Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Kawasan Borobudur.

Adapun, sebanyak 45 UMKM local hero pada kategori usaha fesyen, kuliner, dan kriya mendapatkan penghargaan pelatihan untuk menumbuhkan usaha kreatif.

Kegiatan ini, didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Adira Finance.

Baca juga: Pertama Kali, Kabupaten Magelang Dipercaya Gelar Event Internasional Tular Nalar Summit 2021

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf RI, Nia Niscaya mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh dalam pengembangan sumver daya pelaku UMKM terutama agar bangkit dari masa pandemi.

"Kemenparekraf selalu berperan aktif mendukung kemajuan para UMKM. Dengan adanya kolaborasi ini akan memberikan peluang lebih besar untuk menggali potensi  mereka (UMKM) agar dapat berdaya saing secara global,"ujarnya saat pembukaan kegiatan di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Sabtu (13/11/2021).

Sementara itu, tahun ini menjadi kedua kalinya bagi Adira Finance menyelenggarkan Fetival Kreatif Lokal 2021.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh mendukung para UMKM untuk tumbuh.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Bupati Magelang Jadikan Pahlawan Sebagai Inspirasi Mengisi Kemerdekaan

"Sesuai dengan visi Adira Finance yakni menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkaat Indonesia, salah satunya melalui UMKM," ujarnya.

Untuk mendukung itu semua, pihaknya pun meluncurkan aplikasi pembiayaan Adira 2.0. Dengan layanan tersebut, para UMKM maupun masyarakat umum akan lebih mudah mendapatkan pelayanan.

"Kehadiran aplikasi ini, meningkatkan konektivitas dengan pelanggan. Selain itu, menyediakan solusi keuangan kepada pelanggan untuk memudahkan mencari kebutuhannya ," urainya.

Pada puncak acara beberapa musisi tanah air pun ikut menghiasi pagelaran  Festival Kreatif Lokal 2021 mulai Band D'Masiv, Zaskia Gotik, Denny Caknan, Nabila Maharani, Novia Bachmid serta musisi lainnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved