Breaking News:

Berita Bisnis Terkini

Bank Indonesia Dukung 'Siap QRIS' di Jogja City Mall

KPBI DIY, PT Bank Mandiri DIY dan Jogja City Mall melakukan Launching Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) pada 11 November 2021.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (KPBI DIY), PT Bank Mandiri DIY dan Jogja City Mall melakukan Launching Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) pada 11 November 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (KPBI DIY), PT Bank Mandiri DIY dan Jogja City Mall melakukan Launching Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) pada 11 November 2021.

Kegiatan dilakukan bersamaan dengan pembukaan BUMN/BUMD Expo 2021, dimana BI DIY memfasilitasi 24 UMKM DIY untuk menampilkan produknya dari tanggal 11 – 14 November 2021.

Assisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIY, Andi Adityaning Palupi mengatakan, launching ini sebagai tindak lanjut kesepakatan kerjasama antara Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran untuk melakukan piloting on-boarding QRIS di pusat perbelanjaan mall di seluruh Indonesia.

"Program SIAP QRIS akan dilaksanakan serentak di bulan November dan Desember 2021, di 86 mall di 34 Provinsi, yang dilakukan secara bertahap, terdiri dari; 45 mall untuk prioritas kesatu dan 41 mall di prioritas kedua. Untuk DIY, mall yang ditunjuk menjadi piloting QRIS adalah Jogja City Mall," ujarnya.

Baca juga: Akselerasi Transaksi Digital, Bank Indonesia DIY Genjot Edukasi Pembayaran Non Tunai dengan QRIS

QRIS menjadi sistem transaksi yang aman seiring adanya pandemi Covid-19.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan bertransaksi di masyarakat.

Ia menyebut, secara nasional transaksi digital banking sampai dengan triwulan III 2021 mengalami peningkatan yang siginifikan sebesar 46,72% (yoy) menjadi Rp28.685,48 triliun, dan diproyeksikan tumbuh 43,04% (yoy) mencapai Rp39.130 triliun untuk keseluruhan tahun 2021.

"Program SIAP QRIS digelorakan di seluruh Indonesia untuk mendukung protokol kesehatan, efisiensi, praktis, dan higienis bertransaksi, serta memberikan kepercayaan masyarakat untuk kembali mengunjungi pusat perbelanjaansehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan kanal pembayaran nirsentuh yang dapat mengakomodasi transaksi pembayaran non tunai untuk semua aplikasi pembayaran seperti mobile payment atau mobile banking.

Transaksi QRIS dilakukan dengan CeMuMuaH (Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal) serta mendukung protokol kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved