Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Bermunculan Siswa Terpapar Covid-19, Disdikpora Kulon Progo Evaluasi PTM

Disdikpora Kulon Progo mengurangi frekuensi pertemuan dalam kelas sebesar 25 persen dari jumlah peserta didik di kelas untuk tekan penyebaran Covid-19

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Pixabay.com / Alexandra_Koch
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kulon Progo mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di wilayahnya seiring munculnya sejumlah siswa yang terpapar Covid-19 melalui pemeriksaan swab PCR secara acak. 

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Kulon Progo, Eko Teguh Santoso mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di sekolah lain, pihaknya mengurangi frekuensi pertemuan dalam kelas sebesar 25 persen dari jumlah peserta didik di kelas tersebut. 

Untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) maksimal 5 peserta didik dalam tiap sif. Kemudian jenjang sekolah dasar (SD) maksimal 7 peserta dan sekolah menengah pertama (SMP) maksimal 8 peserta didik. 

"Untuk pembagian sif dipersilakan menyesuaikan dengan kebijakan sekolah masing-masing. Khusus untuk PAUD maksimal pertemuan dalam kelas hanya 60 menit," katanya, Jumat (12/11/2021). 

Baca juga: Imbas Kemunculan Klaster Covid-19 di Sekolah, Durasi PTM di DI Yogyakarta Dipangkas 30 Menit

Sebab, sekolah memiliki peran penuh sehingga kepala sekolah diminta untuk mengawal, mengawasi dan mengontrol secara ketat selama PTM terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Upaya ini agar tidak terjadi klaster baru dalam dunia pendidikan di Kulon Progo

Selain itu, perlu adanya informasi ke orangtua tentang pengendalian angka peningkatan Covid-19 seperti pembelian jajanan di sekitar lingkungan sekolah.

Walaupun kantin di dalam lingkungan sekolah diberlakukan kebijakan penutupan sementara. 

"Kita harus menanggapi perubahan-perubahan yang dinamis terkait kasus Covid-19 tersebut," ucap Eko. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved