Breaking News:

Ketua DPR RI Puan Maharani Sampaikan Ini Kepada Mahasiswa UNY Saat Kuliah Umum

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Puan Maharani mengajak pemuda untuk menguatkan jati diri untuk memajukan bangsa bersama.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Ketua DPR RI, Puan Maharani memberikan kuliah umum di Gedung Rektorat UNY, Kamis (11/11/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Puan Maharani mengajak pemuda untuk menguatkan jati diri untuk memajukan bangsa bersama.

Menurutnya, generasi muda tidak boleh menganggap bahwa nilai-nilai kebangsaan Indonesia akan terus bertahan ketika pemuda hanya berdiam diri.

Apalagi pada masa sekarang, dimana kemajuan teknologi membawa masyarakat dan bangsa di dunia terhubung secara sosial ekonomi, budaya dan politik.

“Pemuda Indonesia bisa contoh apa yang dilakukan Korea Selatan untuk membranding budaya dan nilai-nilai bangsa,” ungkapnya dalam kuliah umum civitas akademika UNY di Gedung Rektorat UNY, Kamis (11/11/2021)

Baca juga: Polres Bantul Kumpulkan Kepala Sekolah untuk Antisipasi Tawuran Pelajar

Kuliah umum itu bertema ‘Internalisasi Wawasan Kebangsaan Menuju Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh’ diikuti oleh lebih dari 3.000 mahasiswa baru UNY jenjang D4 hingga S3 secara luring maupun daring.

Dalam kesempatan tersebut, dia mencontohkan, film serta drama Korea banyak menonjolkan identitas Korea Selatan, mulai dari makanan hingga kosmetik.

Identitas tersebut termasuk promosi produk lokal melalui penempatan produk yang pas dengan adegan atau kisah.

“Kemajuan teknologi dan komunikasi apabila tidak diantisipasi akan menciptakan kondisi di mana generasi muda mengalami disorientasi dalam cara pandang terhadap kehidupannya sebagai warga negara Indonesia,” ungkapnya lagi.

Itu menjadi pekerjaan rumah untuk semua orang agar generasi muda tidak tercerabut dari akar budaya bangsa baik dalam etika maupun moral sebagai komunitas bangsa dan tenggelam dalam pusaran gejolak disrupsi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved