Breaking News:

Berita Kulon Progo Hari Ini

Hujan Lebat Guyur Kulon Progo, Penerbangan di Bandara YIA Masih Normal

Kondisi penerbangan di Bandara YIA masih lancar meski hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu (10/11/2021) kemarin. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Maskapai Citilink saat mendarat di Bandara YIA ketika hujan mengguyur Kabupaten Kulon Progo, Rabu (10/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kondisi penerbangan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulon Progo dinilai masih lancar meski hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu (10/11/2021) kemarin. 

Kepala Stasiun Meteorologi Bandara YIA, Warjono mengatakan rute penerbangan di YIA saat ini masih normal karena bandara tersebut masih bisa digunakan untuk lepas landas dan pendaratan pesawat. 

Data rencana penerbangan menyebutkan total ada 32 pesawat yang akan lepas landas dan mendarat di Bandara YIA pada Kamis (11/11/2021) ini. 

Meski terbilang normal, Warjono mengakui ada beberapa pesawat yang terlambat.

Baca juga: Awan Cumulonimbus pada Fenomena La Nina Berdampak ke Penerbangan Bandara YIA 

Namun disebabkan bukan karena cuaca yang terjadi di Kulon Progo

Dikatakannya, saat musim hujan yang menjadi perhatian yaitu perubahan tekanan suhu yang dapat memicu terbentuknya awan cumulonimbus karena terjadi hampir menyeluruh di wilayah Jawa. 

Sehingga Stasiun meteorologi Bandara YIA terus memberikan informasi cuaca kepada pihak bandara. 

"Kita akan memberikan semacam iklan suatu perkiraan di jam-jam berapa adanya potensi buruk dan adanya awan cumulonimbus," kata Warjono, Kamis (11/11/2021).

Berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk beberapa hari ke depan, potensi terbentuknya awan cumulonimbus mulai siang hingga sore hari.

Sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan awan cumulonimbus yang terdapat malam hari tidak berpengaruh karena sudah tidak ada penerbangan di Bandara YIA. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved