Breaking News:

MotoGP

Berita Moto GP Hari Ini: Marquez Butuh 4,5 Bulan Sembuh dari Diplopia pada 2011, Terancam Absen Lama

Berapa lamakah Marc Marquez akan absen lagi dari MotoGP? Marc Marquez pada 2011 bahkan membutuhkan waktu 4,5 bulan

Penulis: Yoseph Hary W | Editor: Yoseph Hary W
AFP/GIUSEPPE CACACE
Marc Marquez, MotoGP 

TRIBUNJOGJA.COM - MotoGP 2021 seri terakhir di Valencia lagi-lagi tanpa Marc Marquez. Pebalap andalan Repsol Honda itu harus absen lagi karena mengalami diplopia atau gangguan penglihatan ganda dan kelumpuhan saraf kanan akibat kecelakaan dalam latihan off road.

Berapa lamakah Marc Marquez akan absen dari lintasan lagi? Masalah diplopia yang juga pernah dialami Marc Marquez pada 2011 bisa jadi cerminan, walau tak satu pun berharap cedera the baby alien akan lebih parah. 

Meski demikian, fakta tak bisa dikesampingkan bahwa Marc Marquez pada 2011 bahkan membutuhkan waktu 4,5 bulan untuk memperbaiki masalah mata serupa yang ia alami saat ini. 

Kala itu, juara dunia MotoGP Marc Marquez absen lebih dari empat bulan selama episode diplopia sebelumnya, selama musim dingin 2011-2012.

Akankah hal serupa - absen lama - harus ia alami? Kini diketahui Marc Marquez tidak akan bisa menaiki motor MotoGP lagi tahun ini setelah gegar otak ringan yang awalnya dilaporkan menyusul kecelakaan pelatihan off-road pada 30 Oktober. 

Marc Marquez, MotoGP
Marc Marquez, MotoGP (via twitter.com/motogp)

Baca juga: Moto GP: Ramalan Pundit Soal Kondisi Marc Marquez, Honda Harus Segera Cari Pengganti

Cedera kepala itu terungkap sebagai episode baru diplopia atau penglihatan ganda, laporan laman crash dikutip Tribun Jogja hari ini. Diagnosis itu dibuat oleh Dokter Sánchez Dalmau, dokter mata yang sama yang berhasil merawat Marquez selama masa diplopia pertamanya, pada akhir 2011. 

Dokter Dalmau mengonfirmasi bahwa Marc Marquez sekarang mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblik superior kanan. Disebutkan, saraf kanan keempat ini adalah saraf yang sudah terluka pada tahun 2011.

Cedera lama

Cedera mata Marquez pada 2011 terjadi saat kecelakaan di pembukaan latihan Moto2 di MotoGP (Grand Prix) Malaysia, pada 21 Oktober. Kala itu marshal gagal memperingatkan bagian trek yang basah.

Insiden itu tidak hanya mengakhiri musim pertama Marc Marquez sebagai rookie di kelas menengah, tetapi juga menegaskan Stefan Bradl - pembalap yang sekarang menggantikan Marquez di Repsol Honda - sebagai juara dunia Moto2.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved