Breaking News:

Kontigen PON XX Papua DIY Resmi Dibubarkan, Sejumlah Evaluasi Jadi Catatan Karena Tak Capai Target

DIY yang mengirim total 127 atlet yang terjun pada 24 cabang olahraga sukses memboyong delapan medali emas, 12 perak, dan 18 perunggu

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Muhammad Fatoni
Dok.Humas KONI DIY
Ketum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, membeberkan evaluasi kontingen PON DIY yang bertanding di Papua dalam agenda pembubaran kontingen, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kontingen atlet, pelatih dan ofisial tim Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, resmi dibubarkan hari ini, Rabu (10/11/2021) di Balai Wana Bakti Yasa.

Dalam kesempatan tersebut dilaporkan seluruh pencapaian kontingen DIY pada PON yang dilangsungkan pada tahun 2021 ini oleh Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI DIY, Agung Nugroho, yang mewakili ketua kontingen DIY.

Dilaporkan DIY yang mengirim total 127 atlet yang terjun pada 24 cabang olahraga sukses memboyong delapan medali emas, 12 perak, dan 18 perunggu.

“Lima cabor merupakan yang pertama mendapat emas untuk DIY selama mengikuti PON, yakni catur dengan dua emas, menembak satu emas, atletik satu emas, biliar satu emas, terjun payung satu emas,” ujarnya.

Di sisi lain pencapaian target medali emas tahun ini belum sesuai target yang dicanangkan sebelumnya, sejumlah 11 medali emas.

Untuk itu Agung menyampaikan permohonan maafnya karena capaian ini masih belum bisa memenuhi target.

Adapun beberapa cabor yang diikuti oleh atlet DIY semisal aeromodeling, balap motor, gantole, polo air, dan rugby belum dapat memperoleh medali di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Agung membeberkan salah satu penyebab melesetnya target yang telah dicanangkan lantaran sejumlah atlet yang mengalami cedera ketika bertanding di lapangan.

Apalagi saat ini ajang olahraga terbesar di Tanah Air itu digelar pada masa pandemi Covid-19, sehingga performa atlet kurang begitu optimal. 

Pada kesempatan yang sama Gubernur DIY yang diwakili Staf Ahli Gubernur, Etty Kumolowati, menyampaikan ucapan selamat kepada para atlet yang sukses meraih medali. 

PON XX yang telah diikuti bulan lalu itu disebut sebagai bukti hasil pembinaan yang dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh atlet, pelatih, dan ofisial.

“Bagi yang belum berhasil, terus tingkatkan latihan dan pembinaan yang lebih baik lagi. Karena masih banyak ajang kedepan yang akan diadakan, sehingga tahun 2024 kita bisa menjadi juara,” ujarnya.

Begitu pula dengan Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik, yang turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para atlet dan pelatih yang telah berjuang di ajang PON Papua 2021 lalu. 

Djoko juga mengemukakan jika evaluasi internal telah dilakukan dengan melibatkan pengurus cabang olahraga dan para pelatih guna pembenahan pada ajang selanjutnya.

"Nanti kita akan menggelar evaluasi kembali dengan melibatkan pihak luar yakni akademisi dan perwakilan Pemda DIY tentunya, supaya kita bisa dapat hasil yang lebih spesifik," jelasnya.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved