Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

KONI DIY Mulai Petakan Cabor yang Punya Potensi Raih Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024

KONI akan terus mengawal cabor potensial milik DIY itu supaya mendapat sukses di Pra-PON tahun 2023 dan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi KONI DIY
Pertemuan KONI DIY dengan dua pengda cabor, dansa dan hapkido di kantor KONI DIY, Sabtu (6/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DI Yogyakarta mulai memetakan cabang olaharga (cabor) yang dinilai memiliki potensi untuk meraup prestasi di ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2023 yang bakal diproyeksikan untuk PON XXI Aceh-Sumut mendatang

Mulai dari cabor hapkido, dansa dan balap sepeda sudah dilakukan koordinasi untuk persiapan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pra-PON bersama dengan KONI DIY di kantor setempat pada Sabtu (6/11/2021) kemarin. 

"Jadi untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, seperti kita canangkan bahwa persiapan itu mulai hari ini, bukan besok atau lusa. Bidang Pembibitan dan Binpres KONI DIY sudah menentukan langkah-langkah, di antaranya adalah menggali cabor-cabor potensi utamanya yang kemarin tidak berlaga di PON (XX Papua Tahun 2021). Mulai bertahap kita mengundang hapkido, dansa, dan balap sepeda, yang diskusikan kira-kira kekuatan kita menuju PON Aceh-Sumut itu seperti apa," ujar Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, Rabu (10/11/2021). 

Baca juga: Empat Atlet DIY Raih Medali di Ajang KONI Cup Indonesia Taekwondo Poomsae Series

Djoko menjelaskan, dalam pertemuan itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Daerah (Pengda) Cabor Hapkido Indonesia DIY KPH Indrokusumo dan Pelatih Hapkido Nugraha, serta Ketua Umum Pengda Cabor Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) DIY Sasongko Iswandaru itu telah didapatkan bagaimana gambaran potensi dari kedua cabor tersebut.

Pria yang juga menjadi guru besar FIK UNY itu menyatakan akan terus mengawal cabor potensial milik DIY itu supaya mendapat sukses di Pra-PON tahun 2023 dan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.    

"Nanti kita akan secara bertahap juga mengundang cabor lain utamanya non-PON (XX Papua Tahun 2021) kemarin, untuk kita gali lagi sehingga nanti kita punya bekal data ke PON Aceh-Sumut itu kita berani menargetkan berapa dari awal, dan tentu kita bersinergi dengan pengda (cabor). Dalam konteks ini saya akan meminta Binpres KONI DIY proaktif dan tidak hanya menunggu dari pengda, sehingga kita punya gambaran faktual berdasarkan data untuk menuju sukses di PON Aceh-Sumut," bebernya.

Lantas soal kriteria atlet yang akan memasuki Puslatda Pra PON, KONI DIY memiliki beberapa pertimbangan.

Beberapa hal itu masuk seperti atlet peraih medali PON XX Papua Tahun 2021 akan menjadi pertimbangan utama, dengan melihat potensi atlet, lalu cabor yang memiliki batasan usia, namun atlet masih bisa berlaga di ajang PON, dan segala konsekuensi termasuk di dalamnya anggaran. 

Baca juga: KONI DIY dan Asprov PSSI DIY Bertekad Loloskan Tim Sepak Bola ke PON 2024

"Bagaimana dengan cabor lain yang non-PON, ini yang sedang kita coba kaji. Misalnya mereka tidak ada di PON tapi dipanggil Pelatnas, tidak ada di PON tetapi kemarin ekshibisi (PON XX Papua) bisa dapat medali emas, tidak ada di PON tapi kejurnas 2 bulan terakhir ini atlet mendapatkan emas, itu menjadi bagian dari kriteria tambahan yang non-PON. Dan untuk gambarannya bahwa Puslatda Pra-PON akan kita mulai sekitar bulan Maret Tahun 2024," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Hapkido Indonesia DIY KPH Indrokusumo menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya memberikan yang terbaik dalam mendukung prestasi olahraga DIY di ajang Pra-PON Tahun 2023 maupun PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. 

Seperti diketahui pada event ekshibisi PON XX Papua Tahun 2021, Tim Hapkido Indonesia DIY berhasil memperoleh 3 medali emas, 1 perak, 3 perunggu, dan menempati peringkat kedua terbaik di klasemen akhir, setelah di peringkat pertama terdapat Tim Lampung dengan 4 emas, 1 perak.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved