Enam Pesawat Militer China Kembali Masuki Wilayah Udara Taiwan, Dipicu Kunjungan Delegasi Kongres AS

Ada enam pesawat militer Cina memasuki zona pertahanan udara barat daya Taiwan, termasuk empat jet tempur J-16 dan dua pesawat pengintai.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
eng.chinamil.com.cn/ Foto oleh Wang Yi
ILUSTRASI. Jet tempur J-16 dari Brigade Penerbangan Angkatan Udara di bawah Komando Teater Timur PLA China lepas landas untuk latihan pertempuran udara pada 21 Februari 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM, BEIJING - Kunjungan delegasi kongres Amerika Serikat ke Taiwan dengan menggunakan pesawat militer beberapa waktu yang lalu direspon keras dari China.

Bahkan militer China langsung melakukan latihan kesiapan tempur di Selat Taiwan.

Latihan militer ini digelar pada Selasa (9/11/2021) kemarin.

Dalam latihan militer tersebut, ada enam pesawat militer Cina memasuki zona pertahanan udara barat daya Taiwan, termasuk empat jet tempur J-16 dan dua pesawat pengintai.

Dikutip Tribunjogja.com dari Tribunnews.com, juru bicara militer Cina mengatakan bahwa patroli itu ditujukan sebagai tanggapan atas kata-kata dan tindakan yang "sangat salah" dari "negara-negara terkait" tentang masalah Taiwan dan gerakan pro-kemerdekaan di Taiwan.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa latihan di wilayah Taiwan adalah "langkah yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional." Meski begitu, tidak diketahui pasti kapan, berapa banyak personel, dan lokasi latihan tersebut.

Ketegangan antara Cina dan Taiwan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, di mana Taiwan mengeluh selama satu tahun terakhir tentang misi berulang yang digelar oleh angkatan udara Cina di dekat wilayah mereka.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan enam pesawat militer Cina memasuki zona pertahanan udara barat daya pada Selasa (09/11), termasuk empat jet tempur J-16 dan dua pesawat pengintai.

Baca juga: China Diduga Buat Replika Kapal Perang AS untuk Target Latihan Perang

Baca juga: Alasan China dan Rusia Dorong DK PBB Longgarkan Sanksi untuk Korut, Tingkatkan Penghidupan Sipil

Hubungan AS-Taiwan

Ketika ditanya tentang kunjungan delegasi kongres AS, Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu (10/11/2021) bahwa hubungan Taiwan-AS "sangat penting" dan bahwa dia menghormati kunjungan "teman."

Pemerintah akan membuat "pengaturan yang tepat" berdasarkan kebutuhan masing-masing, kata Su tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Institut Amerika di Taiwan yang menjadi perwakilan de facto AS di Taipei juga tidak segera menanggapi soal kunjungan tersebut.

Sementara Pentagon mengatakan bahwa bukanlah hal yang luar biasa bagi delegasi kongres untuk menaiki pesawat militer.

Juru bicara Pentagon John Kirby tidak memberikan penjelasan tentang siapa saja yang ikut dalam penerbangan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved