Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Sekitar Sebulan PTM Digelar, Disdikpora Kulon Progo Evaluasi Saat Penjemputan Siswa

Untuk mengantisipasi kerumunan, Disdikpora meminta setiap sekolah mengatur jadwal belajar agar tidak bersamaan antar kelas. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Pixabay.com / Alexandra_Koch
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Kulon Progo telah berlangsung sekitar sebulan.

Selama PTM tersebut, ada evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat. 

Kepala Disdikpora Kabupaten Kulon Progo, Arif Prastowo mengatakan evaluasi yang dilakukan terkait dengan kerumunan orangtua saat menjemput anaknya ketika pulang sekolah. 

Sehingga untuk mengantisipasi kerumunan, pihaknya meminta setiap sekolah mengatur jadwal belajar agar tidak bersamaan antar kelas. 

Baca juga: Dinkes Kulon Progo Sisir Tendik dan Siswa yang Belum Divaksin Covid-19

"Sebenarnya siswa dijemput orangtuanya malah lebih bagus, anak-anak bisa langsung pulang. Asalkan para orangtua tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) seperti menjaga jarak," kata Arif, Selasa (9/11/2021). 

Di Kulon Progo, total ada 338 SD dan 65 SMP yang tersebar di 12 kapanewon. Saat itu, PTM hanya digelar di sekolah yang berada di zona hijau.

Namun seiring kondisi penyebaran Covid-19 yang mengalami perbaikan, saat ini PTM secara terbatas telah digelar di seluruh sekolah. 

Terpisah Kepala SDN 1 Karangsari, Ristinah mengatakan untuk mengatasi agar tidak berkerumun, setiap wali kelas memberitahukan jam pulang sekolah ke para orangtua melalui WhatsApp group. 

"Sejak awal PTM sudah dimulai. Dan sampai saat ini berjalan lancar. Artinya orangtua konsekuen menjemput siswa 5 menit sebelum pulang," ucapnya. ( Tribunjogja.com ) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved