Breaking News:

Liga Spanyol

Berita Barcelona Hari Ini: Komentar Xavi Hernandez saat Dibandingkan dengan Guardiola

dibandingkan dengan eks pelatih Barca Pep Guardiola, mungkinkah Xavi mampu mengikuti jejak sang guru? 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KARIM JAAFAR / AFP
Xavi Hernandez jadi pelatih baru Barcelona. Foto dok Ilustrasi: File foto ini diambil pada 22 Oktober 2021 Pelatih Sadd Xavi pada pertandingan sepak bola final Piala Amir antara Al-Sadd dan Al-Rayyan di Stadion Al-Thumama di ibukota Doha. Ronald Koeman telah dipecat sebagai pelatih Barcelona kini mantan dengan gelandang Barca Xavi Hernandez menjadi favorit kuat untuk menggantikannya. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pelatih Barcelona yang baru, Xavi Hernandez, angkat bicara saat dirinya dibandingkan dengan eks pelatih Barca Pep Guardiola. Josep Guardiola memang pernah sukses melatih Barcelona. Mungkinkah Xavi mampu mengikuti jejak sang guru? 

Tugas berat menanti Xavi Hernandez di Barcelona. Pasalnya, Xavi Hernandez kembali ke Barcelona yang sedang mengalami krisis, baik finansial maupun performa di atas lapangan.

Beban berat harus dipikulnya karena harus membuat Barcelona bangkit dari keterpurukan. Barcelona kini menempati peringkat kesembilan klasemen Liga Spanyol dengan 17 poin dari 12 pertandingan.

Xavi Hernandez
Xavi Hernandez (Philip FONG / AFP)

Baca juga: Newcastle Akhirnya Tunjuk Eddie Howe Sebagai Pelatih, Peraih 5 Gelar Manajer Terbaik Liga Inggris

Barca tertinggal 10 poin dari musuh abadi Real Madrid di urutan kedua, dan terpaut 11 angka dari pemuncak klasemen Real Sociedad. Namun, Xavi optimistis, dengan kerja keras, Barcelona bisa membaik dan meraih gelar juara.

"Saya mengerti tekanannya, saya berada di klub terbaik di dunia," ucap Xavi, sebagaimana dikutip dari Goal. "Harapannya besar, kami harus bekerja keras untuk memenangkan banyak trofi," imbuhnya.

Bukan hanya soal bagaimana membuat Barcelona bangkit, Xavi juga mengerti bahwa dirinya juga dibandingkan dengan eks pelatih Barcelona, Pep Guardiola. Xavi Hernandez diharapkan bisa mengikuti jejak kesuksesan Guardiola saat menakhodai El Barca.

"Saya memiliki ide yang sangat jelas, kami tidak dalam momen terbaik kami, tetapi kami ingin memainkan sepakbola yang baik dan mendapatkan hasil," ucap Xavi.

"Jika mereka membandingkan saya dengan Guardiola maka itu adalah sesuatu yang sangat positif, dia adalah manajer terbaik di dunia," imbuhnya.

Pep Guardiola pernah melatih Barcelona pada 2008-2012. Xavi Hernandez menjadi pemain kunci Pep kala itu.

Dalam periode tersebut, Barcelona besutan Guardiola memenangi 14 trofi bergengsi, termasuk tiga Liga Spanyol dan dua Liga Champions.

Kini Xavi Hernandez pulang ke Barcelona untuk menjadi pelatih. Dia ditugaskan sebagai pelatih Memphis Depay dkk setelah Ronald Koeman dipecat.

Xavi diresmikan menjadi entrenador Blaugrana pada Sabtu (6/11/2021). Dia menandatangani kontrak hingga akhir Juni 2024.

Eks juru taktik Al Sadd itu kemudian diperkenalkan dihadapan publik Camp Nou dua hari berselang atau Senin (8/11/2021).

(*/ )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved