Breaking News:

Sebanyak 100 Kampung di Kota Yogyakarta Telah Menjadi Kampung Panca Tertib

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta masih terus mengembangkan kampung panca tertib. Ditargekan seluruh kampung di Kota

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta masih terus mengembangkan kampung panca tertib.

Ditargekan seluruh kampung di Kota Yogyakarta menjadi kampung panca tertib. 

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Agus Winarto mengatakan ada 170 kampung di Kota Yogyakarta.

Baca juga: UPDATE Gunung Merapi 6 November 2021: 16 Kali Guguran Lava Pijar 1,8 Km ke Barat Daya

Saat ini sudah 100 kampung yang mendeklarasikan diri sebagai kampung panca tertib. 

"Sampai tahun 2021 ini ada 100 kampung dengan gerakan kampung panca tertib. Terakhir adalah Kampung Suronatan, jadi kampung panca tertib ke 100," katanya, Sabtu (06/11/2021).

Agar seluruh kampung bisa menjadi kampung panca tertib, setiap tahun pihaknya menargetkan ada 20 kampung yang mendeklarasikan diri sebagai kampung panca tertib.

Menurut Perwal Nomor 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib, ada lima kondisi ketertiban yang harus diwujudkan.

Lima kondisi ketertiban tersebut adalah tertib daerah milik jalan (Damija), tertib bangunan, tertib usaha, tertib lingkungan, dan tertib sosial.

Baca juga: Gusmen Heriadi Seniman asal Minang Gelar Pameran Tunggal 25 Tahun Berkarya di Yogyakarta

"Kemudian nanti disesuaikan dengan kondisi di kampungnya. Diperbaiki supaya bisa menciptakan kondisi ketertiban itu. Kalau kampung panca tertib ini kan mengacu ke Perda,"terangnya. 

Untuk menjadi kampung panca tertib diperlukan komitmen dari kampung tersebut. Dengan demikian dibutuhkan peran aktif dari warga kampung itu sendiri. 

Dengan adanya gerakan kampung panca tertib, ia berharap masyarakat dapat menciptakan Kota Yogyakarta yang aman, nyaman, dan tertib. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved