Breaking News:

ADVERTORIAL

Perbanyak Entrepreneur di Bidang Teknologi, Wirausaha Harus Diciptakan Sejak di Bangku Kuliah

Selain menjadi agen perubahan bangsa, mahasiswa diharapkan mampu memiliki kemampuan untuk menjadi wirausaha, baik di bidang sosial maupun teknologi.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
Webinar 'Technology Development to Enhance Local UMKM’ yang termasuk dalam rangkaian IT Days 2021, diselenggarakan oleh FST USD, Sabtu (6/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Berwirausaha harus disiapkan sejak dini, khususnya bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Untuk itu, selain menjadi agen perubahan bangsa, mahasiswa diharapkan mampu memiliki kemampuan untuk menjadi wirausaha, baik di bidang sosial maupun teknologi.

“Bisa dibilang, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mendominasi dalam hal penyerapan tenaga kerja dan juga kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB). Maka, menjadi wirausaha harus disiapkan sejak masih di bangku kuliah,” ungkap Asisten Departemen Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UMKM, Christina Agustin, Sabtu (6/11/2021).

Dia mengatakan hal tersebut dalam webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Sanata Dharma (USD) bertajuk ‘Technology Development to Enhance Local UMKM’ yang termasuk dalam rangkaian IT Days 2021.

Baca juga: Webinar Pengusaha Tangguh Bijak Kelola Uang, UMKM Tergerak Miliki Laporan Keuangan

Acara disiarkan secara daring di kanal YouTube Tribun Jogja Official. 

Webinar diisi oleh Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, R Agus Trimurjanto; Deputi Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Yossy Yoswara dan CEO Titipku, Henri Suhardja.

Ia mengatakan, UMKM di Indonesia kini sudah berjumlah 64,2 juta.

Kontribusinya cukup tinggi di bidang tenaga kerja, yakni sebanyak 97 persen dan mampu menopang 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

“Kami harap, Sanata Dharma ini bisa menelurkan banyak wirausahawan, khususnya di bidang teknologi karena kami ini juga diwajibkan untuk melahirkan perusahaan rintisan baru dan mendorong pengembangan wirausaha dalam negeri,” jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved