Breaking News:

Batik Ciprat Klaten

Batik Ciprat Karya Penyandang Disabilitas dan ODGJ di Klaten, Harganya Rp120 Ribu Hingga Rp175 Ribu

Puluhan penyandang disabilitas dan ODGJ di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengembangkan batik ciprat.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Iwan Al Khasni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
BATIK CIPRAT - Sejumlah penyandang disabilitas dan ODGJ di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membuat batik ciprat, Kamis (4/11/2021). 

Puluhan penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mengembangkan batik ciprat. Produk itu mendatangkan penghasilan bagi mereka.

NOVI Dahniar (33), difabel yang menjadi perajin, mendapat pengalaman baru ketika mulai mempelajari batik ciprat.

Tak hanya ilmu dan keahlian, sejak menjadi perajin, ia memperoleh banyak teman.

“Sejak September 2021, saya dan teman-teman sudah membuat lebih dari 100 batik ciprat. Saya sangat senang sekaligus bangga,” katanya kepada Tribun Jogja di Balai Desa Kemudo, Kamis (4/11/2021) kemarin.

Menurut Novi, proses pembuatan batik ciprat tidaklah rumit dan memakan waktu.

Apalagi, ia berujar, jika pengerjaannya dilakukan secara bersama-sama dengan para penyandang disabilitas dan ODGJ lain.

“Saya biasanya membagi warna cat, sedangkan teman-teman membuat motif. Kami memang punya tugas masing-masing agar proses pengerjaan batik ciprat bisa berjalan cepat dan mudah,” tambah Novi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Kemudo, Diah Reni Susanti, menjelaskan, pembuatan batik ciprat oleh para penyandang disabilitas dan ODGJ dilakukan sejak September 2021.

“Awalnya, kami difasilitasi oleh Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual ‘Kartini’ Temanggung. Para penyandang disabilitas dan ODGJ mendapat pelatihan,” terangnya.

Batik ciprat dipilih lantaran proses pembuatannya cukup mudah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved