Breaking News:

Headline

Perahu Berputar Lalu Terbalik, 6 Orang Penumpang Dinyatakan Hilang di Sungai Bengawan Solo

Sebanyak 6 orang dinyatakan hilang setelah perahu yang dikemudikan Kasiyan, warga Kanor, Bojonegoro, tenggelam di Sungai Bengawan Solo.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
SURYAMALANG.COM/Mochamad Sudarsono
MENYISIR - Proses pencarian korban kapal tenggelam di sungai bengawan Solo, tepatnya di desa Ngadirejo Kecamatan rengel, Tuban, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, TUBAN - Sebanyak enam orang dinyatakan hilang setelah perahu yang dikemudikan oleh Kasiyan, warga Kanor, Bojonegoro, tenggelam terhantam derasnya air Sungai Bengawan Solo, Rabu (3/11/2021). Sementara itu, 10 penumpang ditemukan dalam kondisi selamat dan dirawat di Puskesmas Rengel.

Peristiwa nahas terjadi di penyeberangan Sungai Bengawan Solo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban, menuju Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jawa Timur. Kasnadi, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Tuban mengatakan, saat itu terdapat dua unit perahu yang melayani penumpang untuk menyeberangi Sungai Bengawan Solo di tambangan Kanor - Rengel (Kare).

"Paginya perahu yang dari arah Kanor juga sempat hampir terbalik terhantam arus air, tapi masih selamat dan bisa lolos," kata Kasnadi yang bekerja di proyek pembangunan jembatan Kare (Kanor-Rengel), Rabu (3/11/2021).

Perahu tersebut berhasil lolos dan bersandar di tambangan Desa Ngadirejo, Rengel. Sementara pada perahu yang tenggelam, Kasnadi mengungkapkan perahu itu melawan arus air yang deras. Akibatnya ketika perahu sampai di tengah sungai, perahu kehilangan keseimbangan hingga akhirnya terbalik.

"Sebelum terbalik, perahu sempat terputar balik arah di tengah sungai karena dihantam arus deras air sungai," jelasnya.

Sarmuji (56), seorang korban selamat perahu terbalik di Tuban, Jawa Timur, mengungkapkan, dirinya langsung berusaha berenang mengikuti arus air menuju tepian Sungai Bengawan Solo saat peristiwa itu terjadi. Sesampainya di tepian Sungai Bengawan Solo, ia dibantu penambang pasir yang berada tak jauh dari lokasi kejadian.

"Waktu perahu terbalik, saya berusaha berenang sekuat tenaga agar tidak tenggelam," kata Sarmuji, saat berada di Puskesmas Rengel, Rabu (3/11/2021).

Sarmuji awalnya hendak berangkat bekerja proyekan di Kecamatan Baureno, Bojonegoro melalui penyeberangan Kanor-Rengel untuk mempercepat perjalanannya. Ia tak mengira, peristiwa nahas itu menimpanya di tengah perjalanan, perahu yang ditumpanginya tiba-tiba terbalik dan seluruh penumpang hanyut.

"Saya tidak mengira ini terjadi, alhamdulillah saya bisa selamat," jelasnya.

Dihentikan sementara

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved