Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Percepat Pemberian Izin Edar ke UMKM, BBPOM di Yogyakarta Jemput Bola Registrasi Pangan Olahan

Program jemput bola menjadi wujud percepatan pelayanan publik dan dukungan terhadap sektor UMKM untuk bangkit menuju perekonomian yang lebih baik.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
Pemberian nomor izin edar secara simbolis dari BBPOM di Yogyakarta kepada satu di antara pelaku usaha pangan di Grand Inna Hotel Yogyakarta, Selasa (2/11/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Yogyakarta kembali menggelar sosialisasi dan membuka meja registrasi untuk menjemput bola registrasi pangan olahan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari di Grand Inna Hotel, Yogyakarta, Senin dan Selasa (1-2/11/2021).

Dari kegiatan tersebut, telah muncul 31 nomor izin edar baru (NIE) dan verifikasi 20 akun perusahaan yang melibatkan 100 Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) pangan di DI Yogyakarta.

Diketahui, sesuai dengan Peraturan Kepala Badan POM No 27 Tahun 2017, izin edar pangan merupakan legalitas yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha pangan untuk memproduksi dan mengedarkan produk pangan.

Proses pemberian izin edar tersebut merupakan bentuk pengawasan pre-market, yaitu penilaian keamanan terhadap produk sebelum beredar.

Baca juga: Kerjasama dengan Dinkes Sleman, BBPOM di Yogyakarta Gelar Bimtek Desa Pangan Aman

“Jemput bola ini dilakukan secara periodik oleh Direktorat Registrasi Pangan Olahan Badan POM dan kerja sama dengan BBPOM di Yogyakarta,” ungkap Kepala BBPOM di Yogyakarta, Dra Dewi Prawitasari Apt MKes di sela-sela acara, Selasa (2/11/2021).

Dia menjelaskan, program jemput bola menjadi satu di antara wujud percepatan pelayanan publik dan dukungan terhadap sektor UMKM untuk bangkit menuju perekonomian yang lebih baik.

Sebab, dengan NIE, produk UMKM tersebut telah legal dan bisa diedarkan di seluruh sarana distribusi di Indonesia.

“Untuk permohonan NIE ini tidak sulit kog karena kami juga melakukan pendampingan. UMKM tidak sendiri, tidak bermohon kertas ditandatangani terus keluar izin edar. Kami dampingi satu per satu,” ungkap Dewi lebih lanjut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved