Breaking News:

Berita Kriminal Hari Ini

Operasi Sikat Jaran, Polres Klaten Bekuk 6 Tersangka Curanmor

Dari 6 tersangka diamankan pula 6 kendaraan bermotor berbagai merek yang merupakan hasil pencurian di berbagai tempat kejadian perkara di Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Para tersangka curanmor saat dihadirkan pada konferensi pers di Mapolres Klaten, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Polres Klaten membekuk enam tersangka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) pada operasi sikat kejahatan jalanan (jaran) Candi di wilayah hukumnya.

Adapun satu tersangka masih berstatus di bawah umur serta dua tersangka yang diringkus polisi  berstatus sebagai seorang residivis dengan kasus yang sama.

"Operasi jaran candi ini kita lalukan selama 21 hari dan kita berhasil menangkap enam tersangka yang mana satu tersangka masih di bawah umur," ujar Kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Eddy Suryana saat konferensi pers di Mapolres setempat, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Polres Klaten Amankan Terduga Pelaku Terkait Ibu Muda di Klaten Meninggal Setelah Minum Air Beracun

Menurut Kasat Reskrim, dari 6 tersangka itu pihaknya mendapatkan 6 kendaraan bermotor berbagai merek yang merupakan hasil pencurian di berbagai tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Klaten.

Adapun beberapa TKP yakni, di Delanggu, Polanharjo, Prambanan, Polsek Kota serta dua TKP lainnya di daerah Ceper.

"Selama kegiatan itu ada 6 pengungkapan yang dilakukan dan barang bukti kendaraan yang diamankan ada enam dan ada yang lainnya hasil pengembangan," ucapnya.

Kemudian kata Kasat, para tersangka curanmor itu melancarkan aksinya dengan berbagai modus, mulai dengan menduplikat kunci motor calon korbannya hingga menunggu kesempatan saat calon korbannya lengah.

"Untuk sindikat atau tidaknya masih kita dalami, tapi dari pengakuan awalnya mereka ini dalam beraksi mengaku hanya sendiri-sendiri," ucapnya.

Baca juga: Nekat Jual Miras Secara Daring, Seorang Ibu Rumah Tangga di Klaten Kena Tipiring

Sementara itu, Kanit Lidik 1 Unit Pidum Sat Reskrim Polres Klaten, Ipda Ardi Nugraha Putra menambahkan satu tersangka ditangkap oleh pihaknya di Jakarta.

"Tersangka itu berinisial B, dia juga residivis. TKP dia melakukan curanmor di Ceper," ucapnya.

Diakui Ardi, para tersangka itu sebagian besar bekerja sebagai buruh lepas di wilayah tempat tinggalnya.

Atas perbuatanya para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved