Breaking News:

Festival Kreatif Lokal 2021 Dorong UKM Candi Borobudur Bersaing di Tingkat Global

Sebanyak 9 Usaha Kecil Menengah (UKM)  lolos mengikuti Festival Kreatif Lokal 2021 yang  diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

istimewa
Festival Kreatif Lokal 2021 Dorong UKM Candi Borobudur Bersaing di Tingkat Global 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 9 Usaha Kecil Menengah (UKM)  lolos mengikuti Festival Kreatif Lokal 2021 yang  diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) didukung Adira Finance.

Kegiatan tersebut, akan dilaksanakan di Candi Borobudur sebagai UKM local hero di Destinasi Super Prioritas Borobudur 

Kesembilan UKM tersebut, merupakan UKM unggulan yang sudah dikurasi dari 50 peserta terbaik. Adapun UKM yang berhasil mendapatkan pelatihan yakni Naruna Ceramic, Gaba-Gaba Leather & Friends, CV. Palem Craft Jogja, CV Sundoro Indonesia, CV Cariza Khansa Pratama/Bananania, CV. Kirey Natural Taruno Abadi, Siroshima Indonesia, PT Ozzy Batik Pekalongan, dan Rajutan Nyonya.

Baca juga: PSS Sleman Batal Pulang ke Sleman, BCS Beberkan Kronologinya

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menuturkan, adanya Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi bukti dorongan pemerintah untuk para UKM di tengah pandemi.

"Dengan adanya kegiatan ini, UKM harus lebih gesit lagi untuk memanfaatkan fasilitas yang nantinya akan diberikan. Tentunya, bisa membuat produk UKM lebih berkualitas, bermutu, serta berdaya saing global," ungkapnya pada Jumat (29/10/2021).

Tak hanya itu, ia pun mengingatkan agar UKM yang berkesempatan mendapatkan pelatihan bisa berbagi ilmu dengan UKM lainnya.

Dengan  begitu, pergerakan ekonomi akan lebih cepat terjadi jika dilakukan bersama.

"Diharapkan, UKM harus saling berbagi ilmu dan pengalaman. Menunjukkan bukti pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk menjadikan sektor pariwisata termasuk UKM yang lebih baik, kuat, berkelanjutan di masa depan," ujarnya.

Baca juga: Sambangi PP Muhammadiyah di Kota Yogyakarta, BPKH Luncurkan Program Beasiswa Sang Surya

Sementara itu, Kepala Wilayah Jawa Tengah Adira Finance, Irfan Budianto menuturkan,  melalui Festival Kreatif Lokal 2021, diharapkan pelaku UKM di sektor pariwisata, terutama di kawasan Candi Borobudur dapat tumbuh melalui inovasi.

Pelaku usaha kreatif dapat meningkatkan kualitas produk maupun jasa sehingga menjadi daya tarik tersendiri dan menambah pengalaman wisatawan, baik domestik juga mancanegara, yang berkunjung ke kawasan candi Buddha terbesar di dunia ini.

”kegiatan ini, diharapkan dapat membangun kesadaran terhadap peran strategis pelaku UKM di kawasan Borobudur dalam meningkatkan kesejahteraan, sehingga mereka terus terpacu meningkatkan kualitas dan ragam produk sesuai taraf internasional agar dapat bersaing secara global,” urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved