Breaking News:

Awas, Waspadai Bahaya Penumpukan Karang Gigi, Ini Cara Pencegahannya

Jika penumpukan plak dibiarkan dalam waktu yang lama, plak akan mengeras dan membentuk kalkulus atau karang gigi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Perawatan karang gigi 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjaga kebersihan gigi dan mulut harus mulai ditanamkan sejak usia dini.

Tentu saja perawatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat beragam, tergantung dari kondisi gigi masing-masing orang.

Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari berbagai macam permasalahan gigi dan mulut, salah satunya adalah penumpukan karang gigi.

Ketika Anda makan, partikel-partikel kecil, gula, asam dari makanan akan menempel pada permukaan gigi sehingga menyebabkan penumpukan yang dikenal sebagai plak.

Plak dapat terbentuk di permukaan gigi, sela-sela gigi dan pada garis gusi.

Jika penumpukan plak dibiarkan dalam waktu yang lama, plak akan mengeras dan membentuk kalkulus atau karang gigi yang berwarna kekuningan atau kecoklatan sehingga menyebabkan gigi terasa kasar seperti berkerak.

drg. Bonifasius Primario Wicaksono, M. Biotech, dokter gigi umum di Klinik Gigi Joy Dental, mengungkapkan apabila karang gigi tidak rutin dibersihkan akan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit gigi dan mulut.

“Peradangan pada gusi menjadi penyakit yang sering timbul akibat penumpukan karang gigi. Jika peradangan gusi semakin parah, dapat menyebabkan kerusakan tulang pendukung gigi, sehingga gigi menjadi goyah,” ucapnya.

Selain itu, karang gigi yang memiliki banyak kandungan seperti sisa makanan yang mengeras, plak yang berisi bakteri, dan air liur yang mengering, menjadi penyebab utama bau mulut, yang tentunya akan menurunkan kepercayaan diri dan dapat mempengaruhi komunikasi Anda dengan orang lain.

Penumpukan karang gigi dapat terjadi pada gigi depan maupun gigi belakang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved