Breaking News:

Headline

Muncul Klaster Sekolah di Bantul, Sri Sultan HB X Minta Kasusnya Cepat Ditangani

Pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Sedayu, Bantul terpaksa dihentikan karena sejumlah siswa dan guru terpapar Covid-19.

Penulis: Santo Ari | Editor: Iwan Al Khasni
dok.istimewa
Pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pembelajaran tatap muka di SMKN 1 Sedayu, Bantul terpaksa dihentikan karena sejumlah siswa dan guru terpapar Covid-19.

Tercatat, ada enam siswa dan satu guru yang dinyatakan positif mengidap virus corona.

Sebelumnya, proses pembelajaran tatap muka atau PTM di SD Sukoharjo, Argorejo, Sedayu, Bantul juga dihentikan karena ada delapan siswa yang positif Covid-19.

Panewu Sedayu, Lukas Sumanasa menjelaskan, terungkapnya kasus Covid-19 enam siswa dan seorang guru tersebut adalah berdasar hasil swab kontak erat salah satu dari delapan siswa SD Sukoharjo, Kalurahan Argorejo, Kapanewon yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Dari delapan siswa dilakukan tracing kontak erat ke 30 orang. Setelah dilakukan swab PCR, hasilnya tiga dinyatakan positif. Dari tiga orang tersebutm salah satunya siswa SMKN 1 Sedayu.

"Jadi salah satu siswa SD yang positif dilakukan tracing kontak erat yang hasilnya kakaknya yang sekolah di SMKN 1 Sedayu positif," ungkapnya Rabu (27/10/2021).

Dari sana, petugas terus melakukan tracing di lingkup SMKN 1 Sedayu hingga akhirnya ditemukan lima siswa lain di SMKN 1 Sedayu serta satu guru yang positif Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Lukas juga menjelaskan bahwa munculnya penularan di SMKN 1 Sedayu karena siswa yang merupakan kakak dari pelajar SD Sukoharjo tetap berangkat sekolah meskipun dirinya merupakan kontak erat.

Padahal hari itu, tepatnya Kamis (21/10), ia ada jadwal untuk swab PCR di puskesmas.

"Ternyata sebelum di-swab itu (siswa SMKN 1 Sedayu) masuk sekolah. Kemudian kita jemput untuk swab PCR, itu hari Jumat kemarin dan Sabtu siang hasilnya keluar positif," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved