Breaking News:

Uji Coba Pembukaan Obwis Berjalan Sepekan, Dinpar Kulon Progo Kembali Evaluasi Penerapan Prokes

Dinpar Kabupaten Kulon Progo melakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan di obyek wisata pasca-uji coba terbatas

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Hari Susmayanti
istimewa
Sejumlah wisatawan berkunjung di Pantai Glagah, Kabupaten Kulon Progo saat uji coba pembukaan terbatas. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulon Progo melakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan di obyek wisata pasca-uji coba terbatas yang dimulai sejak 23 Oktober lalu.

Evaluasi ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana prokes dijalankan di masing-masing obyek wisata sekaligus untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19.

"Sejauh ini memang belum kita temukan dan mudah-mudahan tidak ditemukan adanya penyelewengan perilaku yang keluar dari aturan yang ditentukan," ucap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito, Rabu (27/10/2021). 

Meski secara umum penerapan aturan dan prokes di obyek wisata sudah berjalan dengan baik, menurut Joko, kendala yang dihadapi adalah persoalan jaringan internet.

Di beberapa obyek wisata, jaringan internet belum maksimal sehingga terkendala dalam mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Hampir Semua Wisata di Kota Batu Terakses Internet, Diskominfo Kulon Progo Percepat Akses Sinyal

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Melirik Pengembangan Wisata di Kota Batu

"Karena di Kulon Progo terkendala internet masih kita antisipasinya dengan menunjukkan kartu vaksin bagi wisatawan yang datang. Ini salah satu solusi agar kendala tersebut tidak mengganggu jumlah kunjungan wisata karena kita ada target capaian pendapatan asli daerah (PAD)," tuturnya.

Sementara terkait capaian retribusi pariwisata selama, menurut Joko, pemerintah akan berusaha maksimal agar target PAD sebesar Rp 2,5 miliar bisa tercapai.

"Kita masih mempunyai waktu November-Desember 2021 moga-moga sisa waktu itu bisa menggenjot jumlah kunjungan wisatawan. Serta tidak ada klaster baru di pariwisata sehingga kita bisa memenuhi target yang ditetapkan," harapnya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved